Kembali ke Galilea PDF Print E-mail
Written by GI. Pieter Yoksan   
Tuesday, 20 April 2010 16:55

X.c.2 Kembali ke Galilea

93. Permintaan Ke Dua Mengenai Tanda62,120

Matius 15:39-16:4, Markus 8:10-12 39Lalu Yesus segera menyuruh orang banyak itu pulang. Ia naik perahu dan bertolak ke daerah Dalmanuta, daerah [pantai] Magadan. 1Kemudian datanglah orang-orang Farisi dan Saduki hendak mencobai Yesus dan bersoal jawab dengan Yesus. Mereka meminta supaya Ia memperlihatkan suatu tanda dari sorga kepada mereka. 2Tetapi jawab Yesus: “Pada petang hari karena langit merah, kamu berkata: Hari akan cerah, 3dan pada pagi hari, karena langit merah dan redup, kamu berkata: Hari buruk. Rupa langit kamu tahu membedakannya tetapi tanda-tanda zaman tidak. 12Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: “Mengapa angkatan ini meminta tanda? 4Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka (angkatan ini) tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.” Lalu Yesus meninggalkan mereka dan pergi.

94. Tentang Ragi Orang Farisi dan Ragi Herodes

Matius 16:5-12, Markus 8:13-21 13Ia meninggalkan mereka; Ia naik pula ke perahu dan bertolak ke seberang. 5Pada waktu murid-murid Yesus menyeberang danau, mereka

lupa membawa roti. Hanya sebuah saja yang ada pada mereka dalam perahu. 6Yesus memperingatkan mereka dan berkata kepada mereka: “Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki dan ragi Herodes.” 7Maka mereka berpikir-pikir dan seorang berkata kepada yang lain: “Itu dikatakan-Nya karena kita tidak membawa roti.” 8Dan ketika Yesus mengetahui apa yang mereka perbincangkan, Ia berkata: “Mengapa kamu memperbincangkan soal tidak ada roti? Hai orang-orang yang kurang percaya! Belum jugakah kamu faham dan mengerti? Telah degilkah hatimu? 18Kamu mempunyai mata, tidakkah kamu melihat dan kamu mempunyai telinga, tidakkah kamu mendengar? Tidakkah kamu ingat lagi? 9Belum juga kamu mengerti? Tidak kamu ingat lagi akan lima roti untuk lima ribu orang itu dan berapa bakul penuh dengan potongan-potongan roti kamu kumpulkan kemudian? Jawab mereka: “Dua belas bakul.” 10Ataupun akan tujuh roti untuk empat ribu orang itu dan berapa bakul penuh dengan potongan-potongan roti kamu kumpulkan kemudian? Jawab mereka: “Tujuh bakul.” 21Lalu kata-Nya kepada mereka: 11Bagaimana mungkin kamu tidak mengerti bahwa bukan roti yang Kumaksudkan. Aku berkata kepadamu: Waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki.” 12Ketika itu barulah mereka mengerti bahwa bukan maksud-Nya supaya mereka waspada terhadap ragi roti, melainkan terhadap ajaran orang Farisi dan Saduki.

95. Menyembuhkan Orang Buta di Betsaida77,112,161

Markus 8:22-26 22Kemudian tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Betsaida. Di situ orang membawa kepada Yesus seorang buta dan mereka memohon kepada-Nya, supaya Ia menjamah dia. 23Yesus memegang tangan orang buta itu dan membawa dia ke luar kampung. Lalu Ia meludahi [kedua] mata orang itu dan meletakkan [kedua] tangan-Nya atasnya, dan bertanya: “Sudahkah kaulihat sesuatu?” 24Orang itu memandang ke depan, lalu berkata: “Aku melihat orang, sebab melihat mereka berjalan jalan, tetapi tampaknya seperti pohon-pohon.” 25Yesus meletakkan lagi [kedua] tangan-Nya pada [kedua] mata orang itu, maka orang itu sungguh-sungguh melihat dan telah sembuh, sehingga ia dapat melihat segala sesuatu dengan jelas. 26Sesudah itu Yesus menyuruh dia pulang ke rumahnya dan berkata: “Jangan masuk ke kampung!”

 
Share