Hesed (Indonesia) PDF Print E-mail
Written by Kevin Maxey   
Monday, 28 November 2011 23:40
Hesed
Allah Setia Lovingkindness
(Kasih Setia Tuhan)

Kevin Maxey
(diterjemahkan oleh mesin penerjemah google)


Ada sebuah kata yang indah dan kaya dalam bahasa Ibrani yang kuat menggambarkan belas kasih setia dan kasih setia Tuhan kita. Hal ini berarti diisi kata Ibrani yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai hesed.

Mengapa Studi Tentang hesed?

Ada beberapa alasan kuat untuk terlibat dalam sebuah studi dari kata hesed:

  1. Untuk menjadi bijaksana. Alkitab menyatakan bahwa jika kita ingin benar-benar bijak, kita akan memahami apa yang hesed. "Siapapun yang bijaksana akan mengamati hal-hal ini, dan mereka akan memahami kasih setia (hesed) Tuhan" (Mazmur 107:43, perhatikan bahwa hesed akan di kurung segera setelah terjemahan bahasa Inggris di seluruh sisa dari artikel ini, kdm ).
  2. Untuk menjadi patuh. Alkitab juga menjelaskan bahwa jika kita harus benar-benar taat kepada Allah, maka kita akan mencintai hesed. "Dia telah menunjukkan Anda, hai manusia, apa yang baik, dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan (hesed), dan hidup dengan rendah hati Allahmu?" (Mi. 6:8). Tuhan memerintahkan kita untuk "mengamati kemurahan (hesed)" (Hosea 12:6).
  3. Untuk belajar dari O.T. Kita sering, dan memang seharusnya begitu, berkhotbah tentang penggunaan dan penyalahgunaan kasih karunia Allah dari perspektif Perjanjian Baru. Namun, ada kekayaan yang luar biasa dari informasi seringkali diabaikan tentang nikmat Tuhan mengasihi kita dari sudut pandang Perjanjian Lama (Roma 15:4). Sebuah studi dari kata Ibrani hesed tegas akan memperkuat kebenaran substansial banyak tentang hubungan kasih karunia Allah dengan manusia.
  4. Untuk membantah kesalahan. Beberapa menegaskan bahwa Allah Perjanjian Baru berbeda dari Allah Perjanjian Lama. Mereka mengklaim bahwa Allah Perjanjian Baru adalah Allah rahmat sementara menyiratkan bahwa Allah Perjanjian Lama tidak. Orang lain juga mengajarkan bahwa kasih karunia Allah memberikan payung tanpa syarat keselamatan yang menghadap dosa berkelanjutan amoralitas dan kesalahan doktrinal. Studi ini akan membuktikan hesed mengajar seperti palsu (Yer. 16:05, 10-13).
  5. Untuk mengenal Allah. Yang paling penting, semakin kita memahami hesed, semakin sungguh-sungguh kita akan berusaha untuk tetap berada di bawah sayap yang kuat Yehuwa perlindungan dan cinta. "Bagaimana berharganya kasih setia Anda (hesed), ya Allah Oleh karena itu anak-anak manusia! Menaruh kepercayaan mereka di bawah naungan sayap-Mu... Oh, melanjutkan kasih setia Anda (hesed) kepada mereka yang mengenal Engkau" (Mzm 36:7 -10).

Definisi hesed

Penerjemah telah menggunakan berbagai kata-kata dalam usaha mereka untuk menangkap makna lengkap hesed. Tidak ada satu kata bahasa Inggris secara memadai mewujudkan makna penuh. Anda akan paling sering menemukan diterjemahkan dalam Alkitab Anda dengan kata-kata seperti cinta kasih, kemurahan, kebaikan, atau kasih setia. Meskipun hesed mungkin tampak benar-benar asing bagi banyak, sebagian besar pernah mendengar "Hasid" Yahudi. "Hasid" adalah bentuk kata kami hesed, dan menggambarkan mereka yang bercita-cita untuk berlatih dan berjalan dalam hesed. Dalam pengertian Alkitab sebenarnya dari kata tersebut, kita perlu menjadi "Hasid" orang.

  1. Hesed terhubung dengan kasih. Hesed adalah "kasih setia dalam merendahkan kebutuhan makhluk-Nya" Allah (Brown-Driver-Briggs Leksikon Ibrani, hal 339). Hal ini mengacu pada kasih setia dan tabah. "Bangkit aku, ya Tuhan, menurut kasih setia Anda (hesed)" (Mazmur 119:159).
  2. Hesed terhubung dengan belas kasihan. Hesed juga berarti, "kasih karunia; belas kasihan;... Kebaikan" (Vine Expository Dictionary, hlm 232). Ini melibatkan campur tangan atas nama orang yang menderita dalam kesusahan atau kesulitan. Ini mencakup minat aktif dan kepedulian terhadap kesejahteraan orang lain. "Tuhan adalah pertahanan saya, Tuhan saya kemurahan (hesed)" (Mazmur 59:17).
  3. Hesed terhubung dengan loyalitas perjanjian. Hesed sering dikaitkan bersama-sama dengan kata Ibrani untuk "perjanjian" (Berit). Hal ini terjadi begitu sering yang hesed "bisa menjadi sinonim untuk perjanjian" (Kamus Teologi Injili, hal 661). Perhatikan hubungan antara hesed dan perjanjian dalam ayat berikut: "Ia adalah Allah, Allah yang setia yang menjaga perjanjian dan kemurahan (hesed) untuk seribu generasi" (Ul. 7:9, 12). Hesed "berlaku terutama untuk mengasihi Tuhan khususnya untuk orang-orang pilihan-Nya dan berjanji. 'Kovenan juga menekankan hubungan timbal-balik" (Vine Expository Dictionary ini, hlm 233-234). Ketika Tuhan menunjukkan hesed kepada umat-Nya, Dia sedang setia pada perjanjian-Nya. Hesed adalah "diterjemahkan dengan 'loyalitas' dalam bahwa itu berkonotasi Tuhan (atau manusia) yang konsisten ('teguh') terpercaya kesetiaan dan kesediaan untuk melakukan yang baik ('cinta') atas nama orang lain" (Ensiklopedi Standar Alkitab, p 613).. Hesed bukan hanya perasaan kasih sayang yang hangat terhadap orang lain, itu berakar dalam hubungan perjanjian dengan harapan kesetiaan bagi semua pihak yang terlibat.
  4. Hesed terhubung dengan kebenaran. Hesed adalah dicampuradukkan bersama enam belas kali dengan kata Ibrani untuk "kebenaran" ('Emet). "Semua jalan Tuhan adalah rahmat (hesed) dan kebenaran, untuk seperti mematuhi perjanjian-Nya dan kesaksian-Nya" (Mzm 25:10; 85:10; 89:14). Banyak di zaman kita mencoba untuk menghapus kebenaran dari rahmat Allah. Mereka mengklaim bahwa kebenaran dan doktrin adalah elemen subjektif dan tidak penting dalam kaitannya dengan kasih karunia. Namun, satu tidak bisa memiliki Allah hesed tanpa kebenaran Allah. "Dalam rahmat (hesed) dan kebenaran penebusan disediakan untuk kedurhakaan" (Amsal 16:6). Pengampunan dosa hanya datang saat hesed terhubung dengan kebenaran.

Allah berlimpah di hesed

Sebuah studi mengungkapkan hesed banyak tentang Tuhan kita. Berikut ini akan menghitung hanya beberapa dari sekitar 245 penggunaan hesed dalam Perjanjian Lama. Tujuan dari daftar ini tidak boleh berlebihan berulang-ulang, tetapi dengan jelas membuktikan bahwa Kitab-Kitab Ibrani memiliki jumlah luar biasa untuk mengatakan tentang hesed Tuhan. Pertimbangkan dengan kagum dan kerendahan hati ini Kitab Suci karena mereka memberikan kita wawasan lebih dalam Pencipta kita:

  1. Hesed Allah adalah menyenangkan. "Siapakah Allah seperti Engkau yang mengampuni dosa dan yang memaafkan pelanggaran dari sisa-sisa warisan-Nya Dia tidak mempertahankan murka-Nya selamanya, karena Dia senang kemurahan (hesed).? Dia lagi akan memiliki belas kasihan pada kami dan akan menundukkan kami . kesalahanmu Anda akan membuang segala dosa kita ke kedalaman laut "(Mi. 7:18-19;. Yer 9:24). Hal ini tidak menjadi beban bagi Tuhan untuk menunjukkan hesed untuk mereka yang mencari Dia. Ini menyenangkan dan nikmat-Nya.
  2. Allah hesed jauh jangkauannya. "Karena langit tinggi di atas bumi, demikian besarnya kasih setia-Nya (hesed) terhadap orang-orang yang takut akan Dia" (Mazmur 103:11). Hesed-Nya adalah tak terkira, dan lebih jauh dari mata bisa melihat.
  3. Hesed Allah adalah mahkota. "Siapa mahkota Anda dengan kasih (hesed) dan belas kasihan yang lembut" (Mazmur 103:4). Allah mengangkat kita keluar dari lubang gelap dan menyedihkan dosa dan mahkota kepala kami tidak layak dengan hesed-Nya.
  4. Hesed Allah adalah berlimpah. "Aku tahu, bahwa Engkau adalah Allah yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia (hesed), Orang yang mengalah dari melakukan bahaya yang pengasih dan penyayang" (Yunus 4:2; Mazmur 103:8;.. Kel 34:6-7). Yehuwa tidak memiliki kekurangan belas kasihan. Dia meluap dalam pasokan yang kaya Nya hesed.
  5. Allah hesed adalah kekal. "Tapi kemurahan (hesed) dari Tuhan adalah dari kekal ke kekal pada mereka yang takut akan Dia" (Mazmur 103:17). Kesetiaan Allah adalah kekal dan tanpa akhir.
  6. Hesed Allah sekitarnya. "Banyak kesedihan akan orang fasik; tetapi dia yang percaya dalam Tuhan, kemurahan (hesed) akan mengelilingi dia" (Mazmur 32:10).
  7. Allah hesed adalah memuaskan. "Oh, memuaskan kita awal dengan kemurahan Anda (hesed), bahwa kita bisa bergembira dan bersukacita karena semua hari-hari kita!" (Mazmur 90:14).
  8. Hesed Tuhan adalah abadi. "Oh bersyukur kepada Tuhan, karena Dia baik Untuk rahmat-Nya (hesed) bertahan selamanya" (Mazmur 136:1; 52:1). Pernyataan, "Untuk rahmat-Nya (hesed) bertahan selamanya" diulang dua puluh enam kali dalam Mazmur 136!
  9. Hesed Allah adalah mengungkapkan. "Penyebab aku mendengar kasih Anda (hesed) di pagi hari, karena dalam Anda lakukan aku percaya" (Mazmur 143:8). Ketika kita mendengar firman Allah, kita mendengar hesed Tuhan.
  10. Hesed Allah adalah menggambar. "Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sehingga dengan kasih setia (hesed) saya telah menarik Anda" (Yer. 31:3).
  11. Hesed Tuhan adalah tabungan. "Tunjukkan kami rahmat (hesed), ya Tuhan, dan memberikan kami keselamatan Anda" (Mazmur 85:7).
  12. Hesed Tuhan dipenuhi. "Bumi penuh kebaikan (hesed) Tuhan" (Mazmur 33:5).
  13. Hesed Allah adalah menakjubkan. "Tampilkan kasih ajaib Anda (hesed) dengan tangan kanan-Mu" (Mazmur 17:7).
  14. Allah hesed adalah berharga. "Bagaimana berharganya kasih setia Anda (hesed), ya Allah Oleh karena itu anak-anak manusia! Menaruh kepercayaan mereka di bawah bayang-bayang sayap Anda" (Mazmur 36:7).

Kita Harus abound di hesed

  1. Berlimpah dalam hesed terhadap Allah. Sebagai Allah berjanji untuk menunjukkan hesed kepada kita, kita harus kembali hesed kepada-Nya. Tuhan mengatakan Dia akan berjanji untuk menjadi beriman dan bertaqwa kepada kita, dan kita juga harus beriman dan bertaqwa kepada-Nya. Seperti Dia setia kepada perjanjian, jadi kita juga harus setia kepada perjanjian. Apakah Anda menunjukkan hesed kepada Allah? Apakah Anda akan setia, setia, dan setia kepada-Nya?
  2. Bapa kita menginginkan kita untuk menjadi umat hesed. Kitab Hosea berbicara tentang teguran Yehuwa umat-Nya ketika mereka gagal untuk menunjukkan hesed-Nya. Tuhan dibebankan Israel dengan perzinahan rohani (Hosea 7:4). Mereka telah meninggalkan perjanjian mereka dengan-Nya. Tidak ada hesed di tanah itu. "Tuhan membawa tuduhan terhadap penduduk negeri itu: 'Tidak ada kebenaran atau kemurahan (hesed) atau pengetahuan tentang Allah di muka bumi" (Hosea 4:1). Perhatikan lagi, dalam ayat sebelumnya, hubungan antara hesed dan kebenaran. Hesed mereka telah lenyap seperti embun pagi. "Untuk kesetiaan Anda (hesed) adalah seperti sebuah awan pagi, dan seperti embun pagi itu pergi" (Hosea 6:4). Mereka berubah-ubah, tidak setia, dan unloyal. Allah memanggil mereka untuk menunjukkan hesed-Nya. "Aku menginginkan kemurahan (hesed) dan bukan pengorbanan dan pengetahuan Allah lebih dari pada korban bakaran" (6:6). Tuhan tidak ingin menyembah mereka tidak tulus dan munafik. Dia diinginkan hesed mereka, kesetiaan mereka, dan kesetiaan perjanjian mereka. "Jadi Anda, dengan bantuan Allah, kembali; mengamati kemurahan (hesed) dan keadilan, dan menunggu Tuhan anda terus menerus" (Hosea 12:6). Kita, seperti Yehuda, perlu berlimpah dalam hesed terhadap Allah.
  3. Berlimpah dalam hesed terhadap orang lain. Tidak hanya kita harus menunjukkan hesed menuju Pencipta kita, kita juga harus berlimpah dalam hesed terhadap sesama kita. Meniru banyak contoh dalam Alkitab orang-orang saleh dan wanita yang menunjukkan hesed kepada orang lain. Yusuf bersumpah untuk mengobati ayahnya Yakub dengan hesed. "Kesepakatan ramah (hesed) dan benar-benar dengan saya Tolong jangan menguburku di Mesir." (Kej 47:29-31). Yusuf setia kepada ayahnya dan menepati janjinya untuk menguburnya di tanah yang dijanjikan (Kej 50:5 f). Karena Rahab dilindungi dua pengintai Israel, mereka berjanji untuk menunjukkan hesed dan menyelamatkannya ketika Israel menghancurkan Yerikho. "Itu harus, ketika Tuhan telah memberi kita tanah, bahwa kita akan menangani baik (hesed) dan benar-benar dengan Anda" (Yos. 2:12). Rut menunjukkan hesed melalui loyalitas dan kebaikan kepada Naomi. Naomi mengatakan kepada Rut, "Diberkatilah Anda tentang Tuhan, putriku! Untuk Anda telah menunjukkan lebih banyak kebaikan (hesed) pada akhir dari pada awal, dalam bahwa Anda tidak pergi setelah pria muda, baik yang miskin atau kaya" (Rut 3 : 10). David menunjukkan hesed demi Yonatan dengan merawat anaknya, Mefiboset. David mengatakan Mefiboset, "Jangan takut, karena aku pasti akan menunjukkan kebaikan (hesed) untuk Jonathan demi ayahmu, dan akan mengembalikan ke Anda semua tanah Saul kakekmu, dan engkau akan makan di meja saya terus-menerus" (2 Sam 09:07, 1, 3).. Perhatikan bagaimana contoh hesed dalam tindakan menggabungkan unsur-unsur kesetiaan, menjaga kata-kata Anda, kesetiaan, dan cinta.
  4. Berlimpah dalam hesed ke saudara-saudara Anda. Para hesed bahwa Allah menunjukkan kepada kita perlu tercermin dalam hubungan kita dengan saudara-saudara kita. "Jalankan keadilan sejati, belas kasih menunjukkan (hesed) dan semua orang kasih sayang kepada saudaranya" (Zakharia 7:09 f). Apakah Anda memperlakukan saudara-saudaramu dengan cinta baik, kemurahan, dan pengabdian? Apakah Anda setia kepada saudara-saudaramu, melalui ikatan pemersatu firman Allah? Dapatkah saudara-saudara Anda bergantung pada Anda? Atau, apakah Anda lebih setia kepada mereka yang tidak setia kepada Yehuwa? Ini adalah perintah bahwa kita tidak harus enggan taat, tapi satu yang Allah menuntut kita untuk mengasihi. "Dia telah menunjukkan Anda, hai manusia, apa yang baik, dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan (hesed) dan hidup dengan rendah hati Allahmu?" (Mi. 6:8). Jika kita tidak menunjukkan hesed kepada saudara kita, maka kita tidak benar-benar mengenal Allah dan hesed-Nya.
  5. Berlimpah dalam hesed terhadap keluarga Anda. Hubungan perjanjian lain yang penting adalah keluarga. Hesed digunakan dalam konteks: suami dan istri (. Kej 20:13; Hos 2:19), ayah dan anak (Kej 47:29), mertua (Rut 1:8; 3:10), dan kerabat lainnya (Kej 24:49;. 1 Sam 15:6; Rut 3:10). Apakah Anda menunjukkan hesed untuk pasangan Anda? Pria, apakah Anda beriman dan bertaqwa kepada istri masa mudamu (Amsal 5:18)? Tingkat perceraian tinggi adalah kesaksian meraung kebanyakan pasangan tidak setia kepada perjanjian pernikahan. Beberapa tuduhan bahwa mereka yang memberitakan menentang perceraian dan pernikahan kembali tidak diisi dengan cinta. Untuk sebaliknya! Cinta tuntutan hesed berkhotbah tentang kesetiaan dalam perkawinan dan mengekspos kesalahan siapa pun yang akan merobek hubungan suci terbelah (Mat. 19:3-10). Orang tua, akan Anda menunjukkan kepada anak-anak Anda hesed? Perempuan, akan Anda, seperti wanita yang layak, memiliki "hukum kebaikan (hesed)" di lidah Anda (Amsal 31:26)? Pria, akan Anda meniru ayah Bapa yang kekal Anda hesed dan menjadi yang menunjukkan kasih setia kepada anak-anak Anda? Apakah Anda menyediakan, melindungi, memelihara, dan menasehati dalam benar hesed (Efesus 6:4)?

Kondisi dari hesed

Kita telah melihat deskripsi besar kasih Bapa kita dan belas kasihan. Ya, hesed Allah berlimpah, sekitarnya, dan abadi, tapi apakah ini hesed untuk semua orang tanpa syarat? Karena TUHAN berlimpah di hesed apakah ini berarti bahwa Dia masih akan mengirim orang ke neraka kekal? Dapatkah kita menerima berkat-berkat hesed ketika kita tidak setia kepada perjanjian Allah? Akan hesed "menutupi" kita ketika kita terus dalam dosa tanpa pertobatan? Apakah Tuhan mengharapkan kita untuk tinggal di dalam firman-Nya berwibawa? Dapatkah kita menerima ajaran palsu dan para guru itu dan masih menerima hesed? Apakah hesed sebuah payung mencakup semua yang akan melindungi mata Allah dari amoralitas terus menerus atau kesalahan doktrinal?

  1. Tetap setia pada perjanjian. Ingat bahwa hesed berakar dalam loyalitas perjanjian. Ya, Allah penyayang berlimpah dan baik (Yunus 4:2). Ya, Tuhan akan benar dan setia kepada perjanjian-Nya (Ul. 7:9). Tapi, banyak menolak untuk mengakui dan menerima bahwa perjanjian Tuhan adalah bersyarat. Pertama, seseorang harus masuk ke dalam perjanjian dengan Allah, yang hari ini adalah perjanjian baru yang dimungkinkan melalui darah Kristus yang ditumpahkan untuk pengampunan dosa-dosa kita (Matius 26:28;. Ibr 9:15 f). Untuk penerimaan dari pengampunan dosa dan keselamatan, Allah membutuhkan iman (Ibrani 11:6; Markus 16:16), pertobatan (Lukas 13:3, Kisah Para Rasul 2:38) pengakuan, (Roma 10:9), dan baptisan (Kis 2:38; 22:16). Jika kita tidak setia kepada perjanjian, maka kita dikenakan hukuman (Ibrani 10:29) dan hesed Tuhan akan dihapus. Tuhan dihapus hesed-Nya dari Yehuda selama hari-hari Yeremia karena mereka tidak setia kepada perjanjian. "'Aku telah merampas kedamaian saya dari orang-orang ini," kata Tuhan,' kasih setia (hesed) dan belas kasih '"(Yer. 16:5). Israel meminta mengapa Tuhan dihapus hesed-Nya dari mereka. "Mengapa Tuhan diucapkan semua ini bencana besar melawan kita?" (Yer. 16:10). Tuhan memberikan jawabannya. "'Karena nenek moyangmu telah meninggalkan Aku," firman TUHAN, "mereka telah berjalan mengikuti allah lain dan telah melayani mereka dan menyembah mereka, dan telah meninggalkan Aku dan tidak disimpan hukum-Ku Dan Anda telah melakukan lebih buruk daripada nenek moyangmu, karena lihatlah. , masing-masing berjalan sesuai dengan imajinasi hati yang jahat, sehingga tidak ada yang mendengarkan Aku "(Yer. 16:11-12). Allah menghilangkan hesed-Nya dari kita saat kita meninggalkan-Nya, ketika kita berlatih ibadat palsu, ketika kita tidak menaati hukum-Nya, ketika kita menempatkan pendapat kita dan imajinasi di atas firman-Nya, dan ketika kita berhenti mendengarkan-Nya. Pesan ini sangat perlu diberitakan kepada generasi kita. Ada sejumlah besar yang mengatakan hari ini tentang kasih karunia Tuhan, tapi tidak banyak yang dikatakan tentang tinggal setia kepada firman-Nya. Kita tidak dapat mengharapkan untuk menerima hesed ketika kita tidak setia.
  2. Kasih Tuhan. Hesed juga disyaratkan pada mengasihi Tuhan. "Ketahuilah bahwa TUHAN, Allahmu, Dialah Allah, Allah yang setia yang menjaga perjanjian dan kemurahan (hesed) untuk seribu generasi dengan mereka yang mengasihi Dia" (Ul. 7:9). Kita harus menunjukkan kesetiaan kita kepada Bapa kita dengan menempatkan-Nya pertama di hati kita. "Anda yang mematuhi perjanjian dan kemurahan (hesed) dengan mereka yang mengasihi Engkau" (Nehemia 1:5). Tidak ada hesed bagi seseorang yang mencintai dosa, kesalahan, keduniawian, atau diri di atas Allah.
  3. Mematuhi perintah-perintah. Perhatikan bahwa Allah terus hesed dengan mereka yang "menuruti perintah-perintah-Nya" (Ul 7:9). Sekali lagi, Yehuwa menunjukkan "kemurahan (hesed)" kepada mereka yang "menaati dan melakukan" penghakiman-Nya (Ul. 7:12). Pencipta kita tidak akan menyelamatkan orang-orang yang tidak menjaga firman-Nya. "Anda yang mematuhi perjanjian dan kemurahan (hesed) dengan mereka yang... Mengamati perintah-perintah Anda" (Nehemia 1:5). Mematuhi Tuhan. "Rahmat (hesed) Tuhan adalah kekal... Untuk tetap seperti perjanjian-Nya dan mereka yang mengingat perintah-Nya untuk melakukannya" (Mazmur 103:18). Ayat yang sama yang menggambarkan Tuhan berlimpah hesed juga jelas menekankan bahwa Ia tidak mentolerir kelanjutan dari dosa. "Tuhan, Tuhan Allah, penyayang dan pengasih, panjang sabar, dan berlimpah dalam kebaikan (hesed) dan kebenaran, menjaga kemurahan (hesed) untuk ribuan, kejahatan pemaaf dan pelanggaran dan dosa, tidak berarti membersihkan bersalah, mengunjungi membalaskan kesalahan para ayah pada anak-anak dan anak-anak anak-anak untuk ketiga dan generasi keempat "(Kel. 34:6-7). Jika kita menginginkan Bapa kita hesed, kita harus bertobat dari dosa kita dan patuh.
  4. Dengarkan Tuhan. Mendengarkan perasaan Anda bukanlah jalan kebenaran dan keselamatan (Amsal 14:12). Cara untuk belas kasihan dan hesed Allah datang melalui logis mendengarkan dan memahami firman-Nya. Ingatlah bahwa Tuhan dihapus hesed dari Yehuda pada zaman Yeremia karena "masing-masing berjalan sesuai dengan imajinasi hati yang jahat, sehingga tidak ada yang mendengarkan Aku" (Yer. 16:11-12). Kunci untuk belajar tentang kasih karunia Allah tidak dapat ditemukan dalam membaca buku-buku keagamaan populer tentang subjek. Dengarkan Yehuwa melalui firmanNya terungkap jika Anda ingin tahu tentang hesed benar. "Karena Anda mendengarkan penilaian ini, dan menjaga dan melakukannya, bahwa TUHAN, Allahmu, akan membuat perjanjian dengan Anda dan kemurahan (hesed) yang Dia bersumpah kepada nenek moyangmu" (Ul. 7:12; Zak 7:08. -14). Tidak ada hesed bagi mereka yang menolak untuk membuka telinga mereka terhadap firman Allah.
  5. Takut akan Tuhan. Menerima hesed dari Yehuwa dikondisikan pada takut kepada-Nya. "Karena langit yang tinggi tentang bumi, demikian besarnya kasih setia-Nya (hesed) terhadap orang-orang yang takut akan Dia Sejauh timur dari barat, sejauh ini Dia dihapus pada kita pelanggaran kita." (Mazmur 103: 11-12). Takutlah kepada Allah dan Anda akan menerima belas kasihan-Nya. "Sebagai ayah sayang anak-anaknya, sehingga Tuhan sayang orang-orang yang takut akan Dia" (Mazmur 103:13). Takutlah akan Tuhan dan menerima hesed kekal. "Rahmat (hesed) dari Tuhan adalah dari kekal ke kekal pada mereka yang takut akan Dia" (Mazmur 103:17). Tentukan takut kepada Allah dan bukan manusia. Jangan gagal untuk dosa menegur dan memperingatkan terhadap kesalahan karena takut duniawi. Hesed tidak ditemukan dalam takut laki-laki. Hesed ditemukan dalam takut akan Tuhan saja.
  6. Mengenal Allah. "Lanjutkan kasih Anda (hesed) kepada mereka yang mengenal Engkau" (Mazmur 36:10). Tahu siapa Allah, tahu apa yang Dia lakukan untuk Anda, dan tahu apa yang Dia harapkan dari Anda. Mengetahui Tuhan tidak hanya mengetahui tentang Dia intelektual, juga melibatkan ketaatan. "Sekarang dengan ini kita tahu bahwa kita mengenal Dia, jika kita menuruti perintah-perintah-Nya Dia yang berkata, 'Aku kenal Dia,' dan tidak mematuhi perintah-Nya, adalah pembohong, dan kebenaran tidak ada dalam dirinya.. Tetapi barangsiapa menuruti-Nya kata, benar-benar kasih Allah sempurna di dalam Dia Dengan ini kita tahu bahwa kita ada di dalam Dia.. " (1 Yohanes 2:3-5).
  7. Mempercayai Allah. "Banyak kesedihan akan orang fasik; tetapi dia yang percaya dalam Tuhan, kemurahan (hesed) akan mengelilinginya Jadilah senang di dalam Tuhan dan bersukacita, Anda benar;. Dan bersorak-sorai, semua yang Anda tegak dalam hati" (Mzm 32:10-11). Iblis terletak kepada kami dan memberitahu kita bahwa jika kita percaya di dunia ini, maka kita akan bahagia dan diberkati. Seperti hidup hanya menyebabkan kesedihan dan kehancuran. Berkat sejati datang melalui hesed Tuhan ketika kita benar-benar memercayai-Nya dalam iman.

Jelas, hesed TUHAN tidak bersyarat. Kita tentu tidak pantas hesed dari Tuhan, tetapi Dia tidak mengharapkan kesetiaan. Hesed Tuhan tidak bersyarat payung yang melindungi kita ketika kita tidak menuruti perintah-perintah-Nya. Menerima hesed Tuhan dikondisikan pada kepercayaan, mengetahui, takut, mendengarkan, menjaga, mengasihi, dan tetap setia.


Kesimpulan

Meskipun orang-orang yang akan menyalahgunakan kondisi hesed, tahu bahwa ada jaminan keamanan yang besar dan dapat ditemukan dalam Tuhan. Yehuwa adalah setia dan benar untuk firman-Nya. Pencipta kita bertindak dalam kasih setia sebagaimana Dia menjangkau untuk menebus kita dari dunia kejahatan diisi. Kita dapat yakin bahwa jika kita tetap setia kepada Tuhan bahwa Dia akan tetap setia kepada kita. Allah akan melakukan apa yang Dia telah berjanji dalam firman-Nya! "Siapapun yang bijaksana akan mengamati hal-hal ini, dan mereka akan memahami kasih setia (hesed) Tuhan" (Mazmur 107:43). Semoga kita semua berusaha untuk memahami dengan bijaksana, rajin mengejar, dan terus bersyukur untuk hesed yang kekal dari Tuhan.

* Jika Anda berniat untuk belajar kata ini lebih lanjut, perhatikan bahwa hesed diucapkan dengan keras "h", dan sebagai hasilnya, dieja sebagai "c
Last Updated on Tuesday, 29 November 2011 00:08
 
Share