"Kasih dan Kehidupan" 3 PDF Print E-mail
Written by Pdt. DR. Stephen Tong   
Tuesday, 13 December 2011 17:02

Ringkasan Khotbah Pdt Steven Tong dlm KKR 10/12'2011

"Kasih dan Kehidupan"


“Celakalah mereka yang mempunyai Kekristenan tanpa Kristus. Celakalah mereka yang mempunyai agama tanpa Tuhan. Celakalah mereka yang hanya mempunyai lahiriah daripada agama-agama, tetapi tidak mempunyai Anak Allah yaitu Yesus Kristus!”

“Zaman ini banyak gereja mengatakan ‘doktrin tidak penting, doktrin tidak penting!’ Sesungguhnya barangsiapa yang mengatakan doktrin tidak penting, itulah doktrin mereka!”

“Saya berusaha untuk memperkenalkan theologi yang benar, filsafat yang benar, musik yang benar, untuk mengubah zaman ini.”

"Hidup manusia bagaimana bisa mencapai nilai yang tertinggi? Di sini ada unsur yang paling penting yang dimiliki oleh setiap ibu: Cinta kasih. Seorang ibu boleh tidak pintar, boleh tidak cantik, boleh tidak bertitel tinggi, tetapi jikalau seorang ibu mempunyai cinta kasih yang limpah dan takut akan Tuhan, ia dapat menjadi ibu yang agung yang mempersiapkan anak-anaknya mempunyai karakter yang agung." Banyak Doktor2 Education  tapi tidak bisa mendidik anaknya sendiri, tapi ibu2 yg hidup bersahaja malah bisa mendidik anaknya untuk maju karena punya cinta kasih dan takut akan Tuhan. Kalau kita tidak punya cinta kasih dan takut akan Tuhan, punya uang segudangpun percumah karena hidup kita akan kosong dan tidak bahagia, dan harta kitapun tak bisa menolong untuk dibawa keakhirat.

"Allah pencipta alam semesta, Allah bukan alam semesta. Allah Pencipta dunia, Allah bukan dunia. Allah Pencipta materi, Allah bukan materi. Allah melampaui segala sesuatu yang Ia ciptakan, Ia supra alamiah, demikianlah cinta kasih-Nya juga adalah cinta kasih supra alamiah." Cinta kasih suami istri cinta alamiah Cinta kasih seorang guru pada murid2nya juga cinta alamiah. Hanya cinta kasih supra alamiah dari Tuhan yg bisa merubah dunia.

Ditahun 1952 ada 5 missionsris Kristen dibunuh orang2 yg belum beradab di Amerika selatan. Waktu mayat mereka ditemukan ternyata mereka semua mempunyai senjata pistol. Kenapa waktu akan dibunuh mereka tidak mau membela diri dengan membunuh orang2 yg  mau membunuh mereka. Itu semua karena cinta kasih mereka pada suku yg akan mereka injili, mereka rela mati dan meninggalkan anak istri mereka agar suku yg membunuh mereka mau menerima injil. Dunia Kristen berduka dan menangis. Para missionaris itu membawa pistol hanya untuk membela dari serangan binatang2 buas, bukan untuk menembak manusia.

"Justru Allah tidak bisa dilihat, maka saya mencintai Allah dan percaya kepada Nya. Kalau Allah bisa dilihat, maka Ia harus ada di depan mataku, dan tidak ada di belakangku. Itu bukan Allah! Alkitab mengatakan Allah itu Roh. Jangan jadi intelektual yang bodoh! Segala sesuatu harus kau lihat baru kau percaya?  Allah yg tidak bisa dilihat juga menciptakan medium yg tidak bisa dilihat, oksigen, angin yg hanya bisa dirasa, merdeka, demokrasi dll. "Kalau Tuhan ada saya musti bisa melihatnya"  itulah kalimat-kalimat bodoh yang selalu keluar dari mulut kita, karena hati kita tertutup untuk Tuhan Allah!! Apakah kau pernah melihat udara? Pernahkah kau melihat listrik?

"Oksigen sama  air penting mana? Oksigen! Air sama nasi goreng, mahal mana? Nasi goreng. Di antara oksigen, air dan nasi goreng, mana yang paling murah? Tentu oksigen yg gratis utk bernafas. Mengapa yang paling penting justru tidak perlu bayar? Karena engkau tidak mampu bayar! Inilah bijaksana dan cinta kasih Tuhan Allah."

"Manusia selalu berpikir, ‘kalau kau baik padaku, aku akan baik padamu, jikalau kau jahat padaku, aku akan lebih jahat lagi padamu’. Pernah dengar kalimat ini? Mungkin kau bahkan pernah bicara! Hal ini hanya menyatakan betapa jahatnya manusia!.

1) Cinta kasih Allah adalah cinta inisiatif, cinta kasih yang melampaui kesanggupan kita mengerti. Sebelum kita mengenal cinta-Nya, Dia sudah mempersiapkan cinta-Nya untuk kita.
2) Cinta kasih Allah cinta Aktif. Sebelum kita mencintai Tuhan, Dia sudah lebih dulu mencintai kita. Manusia mempunya benci yg aktif, tapi pasif dalam cinta kasih. Kamu baik saya baik pd kamu, tetapi kalau kamu jahat saya akan lebih jahat lagi padamu. Itulah pernyataan yg dibenci Tuhan.

"Saudara-saudara, selain Kekristenan tidak ada yang mengatakan GOD IS LOVE! Apa bedanya ‘Allah itu kasih adanya’ dan ‘Allah mempunyai kasih’? Substansi kasih itu sendiri adalah Allah, Allah diidentikkan dengan kasih, ini tidak ada pada pemikiran apapun! Demi nama Allah Tritunggal, saya berkata kepadamu, kembalilah kepada Tuhan…!"

"Cinta Tuhan adalah cinta yang melebihi segala waktu, His love is eternal. Cinta Tuhan adalah cinta yang melebihi segala ruang, His love is universal."

Allah itu adalah kasih, penuh rahmat dan rahim/kemurahan [Maz 103]

"Cinta kasih yang sejati adalah cinta yang membangun hidup. Tetapi dosa adalah kuasa yang menghancurkan hidup. Di antara dua ini kita harus memilih satu."

Sebelum Allah menciptakan alam semesta, dalam kekekalan sudah ada kasih.

"Jikalau tidak ada cinta yang sejati, manusia tidak ada pengharapan lagi. Jikalau tidak ada penghargaan terhadap dignitas dan nilai hidup manusia, kita hanya akan saling membunuh satu sama lain. Tuhan tidak menghendaki manusia saling membunuh. Mari kita membuka pintu hati kita, dan berkata, ‘Tuhan, bawalah aku kembali kepada-Mu.’"

Maha hadir.
Digua, digunung dihutan dikota Allah ada beserta kita, karena Allah tidak dibatasi ruang dan waktu[kekal], Cinta kasihnya pun tidak berubah dulu, sekarang dan selamanya. Kalau dibatasi ruang dan waktu bukan Allah. Allah yg menciptakan ruang  dan waktu yg disebut Alam semesta/universal Atas bawah, kiri kanan dan depan belakang itulah yg disebut ruang. Dulu, sekarang dan besok itu satu titik yg disebut waktu.

"Apakah Tuhan mengajar kita untuk membenci satu sama lain? TIDAK!!! Allah itu kasih adanya. Biarlah Kasih melanda seluruh Jakarta dan seluruh umat manusia."

"Karena Yesus mengorbankan diri, maka yang percaya kepada Dia boleh diampuni. Karena Dia mencucurkan darah-Nya, dipaku di atas kayu salib, maka cinta kasih Allah boleh sampai kepada kita."

"Maukah engkau terima cinta kasih Allah

Last Updated on Tuesday, 13 December 2011 17:32
 
Share