Sesi Tanya Jawab KKR 2011 PDF Print E-mail
Written by Pdt. DR. Stephen Tong   
Tuesday, 13 December 2011 17:11

Sesi Tanya Jawab KKR 2011:

Jika kita sungguh-sungguh mau mencari, mau mengerti kebenaran, maka Allah akan memberikan Diri-Nya ditemukan "Jika kita meragukan sesuatu, kita perlu meragukan diri kita sendiri mengapa kita meragukan sesuatu. Itu ketidakadilan dalam mengenal kebenaran."

Q : Nabi pertama nabi Adam, nabi terakhir Mohammad, dan yang terakhir paling benar. Bagaimana menanggapi
A : Alkitab tidak pernah mengatakan Adam itu nabi, dan tidak ada nabi di luar yang dinyatakan Alkitab.
Perbedaan penafsiran setiap agama adalah kebebasan hak asasi setiap manusia, kita harus saling menghormati. Sesuai konstitusi Indonesia, setiap agama berhak percaya kepada iman agama masing-masing, proklamasikan agama, dan melakukan ibadah agama masing-masing. Itulah kebebasan beragama di negara Indonesia.

Q : Apakah orang di PL mengenal keselamatan di dalam Kristus?
A :Tuhan mungkin memberikan pengertian melalui iluminasi Roh Kudus
kepada orang-orang di PL sehingga mengenal Tuhan dengan benar. Pelacur Rahab merupakan contoh di PL, dia diberikan pengertian demikian. Dia mengerti keselamatan dan pengampunan. Masih banyak lagi contoh-contoh di PL, spt Ayub, dll. Mereka adalah orang yang lebih baik dari orang Kristen di zaman ini yang tidak mau mengejar kebenaran.

Q : Tidak ada yang sempurna, Allahpun tidak karena menciptakan manusia yang tidak sempurna. Bagaimana menjawabnya?
A : Kalimat ini spt betul tapi salah. Justru yang sempurna tidak menciptakan yang sama-sama sempurna spt Sang Pencipta.
Jika Allah sempurna mencipta yang sempurna spt DiriNya, maka akan ada 2 macam Allah sempurna. Allah sempurna yang mencipta dan Allah sempurna yang dicipta.
Ukuran kesempurnaan dari mana? Agama tidak ada jawaban, filsafat tidak ada jawaban, kebudayaan tidak ada jawaban. Jawaban hanya dari Alkitab, yaitu peta teladan Allah.
Jangan sampai kemampuan dari Allah ini dipakai untuk mengukur Allah tapi harus dijadikan sasaran kritik diri agar terus maju hidup di hadapan Tuhan

Q : Jika segala sudah ditentukan, untuk apa baptisan?
A : Apakah kertas surat cinta menempel cinta di dalamnya? TIDAK. Tapi apakah kalau begitu kertas tidak perlu? TIDAK. Karena melalui simbol itu dinyatakan esensinya.
Baptisan merupakan suatu pernyataan atau tanda ketaatan kepada Tuhan.
- Jakarta 2011
Lambang ini tidak menyelamatkan tapi merupakan simbol yang penting.
Esensi iman itu primer, upacara iman itu sekunder. Jika ada kemungkinan, maka respons ketaatan harus dinyatakan.

Q : Apa posisi Roh Kudus dalam Allah Tritunggal?
A : Allah Tritunggal melampaui rasio. Jika tidak mengerti, rendahkan diri. RK berperan melaksanakan keselamatan, Allah Anak menggenapi keselamatan, Allah Bapa mempersiapkan keselamatan.
Hamba Tuhan hanya menyampaikan Firman Tuhan, tapi yang menyadarkan, melunakkan hati, menggerakkan hati menerima Tuhan adalah Allah Roh Kudus.

Q : dari Brisbane. Apa fungsi RK dalam kehidupan sehari-hari?
A :  pertama, memetaraikan kita, kedua, membersihkan hidup, ketiga, memimpin kita, keempat, memberi buah, kelima, memberikan kekuatan dan keberanian memberitakan Injil, keenam, membawa kita sampai titik terakhir.

Q : Bolehkah gereja meminjam fasilitas bank untuk membangun gereja?
A : boleh saja, tapi harus memakai dengan bertanggung jawab dan membayar kembali sampai selesai. Hutang setiap bulan tidak tunda membayarnya.

Q :  Bagaimana saya tahu Alkitab adalah Firman Tuhan?
A :  yang mungkin berfirman hanya 4: Allah, manusia, malaikat, dan setan. Binatang tidak bisa berfirman karena tidak mempunyai kata-kata yang bermakna. Sekarang, Alkitab itu apakah perkataan setan? TIDAK. Setan tidak mungkin mengatakan kita harus hidup suci dan tidak berbuat jahat. Suara malaikat? Tidak mungkin karena malaikat terbatas. Alkitab memberikan pengharapan yang tidak terbatas, sehingga tidak mungkin dari malaikat. Suara manusia? Tidak mungkin karena manusia sudah jatuh dalam dosa sehingga tidak mungkin ajar kita hidup bermoral begitu tinggi. Maka, satu-satunya kemungkinan hanya Firman Allah. Satu-satunya buku yang bicara asal usul dan ke mana dunia ini pergi. Satu-satunya buku yang memberitahukan siapa manusia dan makna manusia. Satu-satunya buku yang  memberitahukan kejatuhan manusia dan bagaimana kembali kepada Allah. Satu-satunya buku yang membicarakan kasih Allah bagi manusia. Satu-satunya buku yang membicarakan ke mana manusia akan pergi.

Q : Mengapa Kristus harus mati dipaku di atas salib? Tidak ada cara lain?
A : Kalau ada cara lain, maka kita akan nanya mengapa cara lain itu? Allah menetapkan cara ini, mari turut dan taat kepada Tuhan.

Q : Bagaimana saya tahu saya selamat?
A : Alkitab mengatakan Yesus datang untuk menyelamatkan manusia, sinkron dalam seluruh pengajaran para rasul. Mari beriman kepada Tuhan, karena selain itu tidak ada jalan lain. Tidak ada yang bisa melepaskan kita dari dosa dan kutukannya. Kristus mati, kita  dibangkitkan, Kristus dibuang, kita diterima Allah Bapa karenanya.

Q : Bagaimana saya diselamatkan?
A : pertama, pernah benar-benar dengar Injil Kristus mati dan bangkit bagimu dan sadar?
kedua, pernahkah kita membuka diri menerima Kristus sbg Juruselamat pribadimu?
ketiga, adakah perubahan hidup yang begitu drastis dan sungguh-sungguh dari inti hidupmu? dulu mencintai dosa, sekarang mencintai Tuhan.
keempat, apakah ingin hidup dalam kesucian di dalam Tuhan?
Kelima, adakah jiwa mencintai sesama, mengabarkan Injil, membawa orang kepada Tuhan?

Q : Kami tidak mengerti mengapa agama Nasrani percaya Bapa.
A : Bapa berarti Sumber segala sesuatu. Sumber hidup melalui keselamatan dalam Yesus Kristus.
Banyak agama mengajarkan perbuatan baik agar masuk surga, jika benar, maka disurga banyak sapi. Tuhan mengatakan, perbuatan baik seperti compang camping di hadapan Allah. Bukan berarti jadi Kristen dan tidak perlu berbuat baik. Justru sudah Kristen harus berbuat baik sbg tanda kita sudah diselamatkan. Kehidupan baru ada di dalam, perbuatan baik yang baru ada di luar. Yakobus mengatakan, jika punya pertobatan di dalam, nyatakan di luar melalui perbuatan baik.

Q : Agama kita agama yang salah. Disuruh menyembah Allah, kita memper-Tuhan-kan Kristus.
A : Manusia tidak punya kuasa Allah, tidak punya tanda ilahi, tapi Kristus menyatakan mujizat-mujizat sbg tanda ilahi. Karena Dia adalah Allah, maka Dia menyatakan tanda-tanda Dia adalah Allah. Lalu mengapa tidak memper-Tuhan-kan Kristus?

Q : Bagaimana kita tahu bahwa kita tahu?
A : Kalau kamu tidak tahu apa yang kamu tahu, siapa yang bisa tahu?
Tahu bukan hanya content, tapi juga sumber pengetahuan. Maka orang Kristen kalau ditanya, tahu dari mana? Jawabannya dari Alkitab. Paulus mengatakan, aku mengetahui siapa yang kupercaya. Di sini iman dan pengetahuan disatukan. Pengetahuan perlu otoritas di baliknya. Pengetahuan dari Allah mempunyai otoritas tertinggi.

Q : Matius mengatakan tidak ada yang tahu kedatangan Kristus kedua kali, termasuk Kristus sendiri, ini berarti Dia bukan Tuhan.
A : Ini berarti Dia pernah membatasi Diri masuk ke dalam kesementaraan.
Kristus membangkitkan Lazarus, anak Yairus tidak perlu berdoa karena Dia sendiri adalah Allah.

Q : Yesus itu manusia 100%, sebagai laki-laki normal, bagaimana kebutuhan seks-Nya?
A : Alkitab tidak mencatat, jadi kalau mau tahu, nanti di surga tanyakan sendiri, tetapi pastikan lebih dahulu kalau kamu masuk surga.
Saya percaya Dia adalah manusia normal, tetapi Dia adalah manusia yang tidak jatuh dalam dosa, Dia menang total dalam hidupNya.

Q : Setelah saya percaya, what next? Saya tidak melihat kehidupan orang Kristen lebih dari orang lain.
A : Banyak orang Kristen hanya tahu menjadikan Yesus Juruselamat dan merasa sudah selesai.
Mereka lupa bahwa setiap orang Kristen harus menjadikan Yesus sebagai TUHAN. Jika hanya mengandalkan bahwa kelihatan sudah diselamatkan. Itu bahaya sekali!!

Q : Apakah andil Daud dalam Kristologi, bukankah semua orang mendapat wahyu dari Allah?
A : Daud mengerti Kristologi lebih dari siapa pun, tidak berarti dia ada andil. Ini hanya menunjukkan bahwa dia diperkenan Tuhan.

Q. Bagaimana saya tahu surga dan neraka itu ada?
A. Kalau sudah percaya Yesus, hidup benar, setelah selesai, tambah selangkah maka kita masuk surga.
Kalau sudah melawan Allah, setelah selesai, tambah selangkah maka kita masuk neraka. Kalau tidak percaya, jalankan terus! Kita tahu bukan karena mengalami, tapi kembali kepada apa yang Tuhan katakan dalam Alkitab.

Q : Jika Allah Kasih mengapa ada yang masuk neraka?
A : Manusia masuk neraka bukan karena dicipta, tapi karena dosa mereka sendiri.
Tuhan tidak mungkin berbuat salah.

Q :  Apakah boleh tepuk tangan setelah paduan suara memuji Tuhan?
A.:  Tepuk tangan untuk memuji Tuhan, bukan memuji manusia yang sudah bernyanyi (paduan suara).
Tepuk tangan untuk puji Tuhan yang sudah memberikan anak-anak Tuhan yang sudah melayani dengan baik.

Tambahan :
Menurut GI  Helen Hosana, WORSHIP itu seperti sebuah pertunjukan drama yg dipersembahkan dihadapan Tuhan. Ada skenarionya/liturgi, sutradara/liturgis dan para pemainnya terdiri dari  Pdt yg khotbah, song leader, paduan suara, singers, ushers, petugas sound  system, jemaat dll. Jadi kalau sekelompok pemain spt paduan suara mempersembahkan lagu yg indah, masakan pemain lain (jemaat) memberi tepuk tangan, Menurut beliau cukup dgn mengucapkan Puji Tuhan atau Amin.

 
Share