BERITA KEPADA EFESUS DAN KITA PDF Print E-mail
Written by DR. Timothy Tow   
Friday, 25 November 2011 16:59

Hidup bagi Yesus, berserah dan hidup benar.

 

WAHYU 2:1-7

KISAH PARA RASUL 20:27-30

 

BERITA KEPADA EFESUS DAN KITA

 

Dari ketujuh gereja di propinsi Asia, Efesus (dimana Paulus menghabiskan paling banyak waktu dalam perjalanannya) bisa disebut sebagai gereja induk. Gereja inilah yang paling banyak dididik sang Rasul yang menghabiskan dua tahun di sekolah Tiranus "sehingga semua penduduk Asia mendengar firman Tuhan, baik orang Yahudi maupun orang Yunani" (Kis. 19:10). Karena dibangun di atas landasan dan doktrin yang kuat, gereja ini telah menguji mereka yang mengaku memiliki otoritas rasuli, tetapi ternyata hanya pembohong. Efesus juga "membenci segala perbuatan pengikut-pengikut Nikolaus yang juga kubenci" (Why. 2:6).

 

Pengikut Nikolaus adalah sebuah sekte yang muncul pada masa awal Gereja, mungkin dipimpin oleh Nikolaus, seorang dari ketujuh diaken yang dipilih jemaat (Kis. 6:5). Apapun juga praktek dan kebiasaan mereka, hal-hal tersebut bertolak belakang dengan tradisi para Rasul (2 Tes. 3:6), karena itu mereka dikutuk. Hati-hatilah terhadap pengikut Nikolaus yang menyusup kedalam gerejamu. "Bahkan di antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar dan mengikut mereka" (Kis. 20:30). "Sebab bukan dari kami yang kami beritakan, tetapi Yesus Kristus sebagai Tuhan, dan diri kami sebagai hambamu karena kehendak Yesus" (2 Kor. 4:5).

 

Sekalipun ada banyak hal baik yang disebutkan, namun Efesus telah gagal karena meninggalkan kasih yang semula. Perhatikan kata "mininggalkan", bukan "kehilangan" seperti yang sering disalah-kutipkan. Apa yang Tuhan harapkan dari kita dalam pelayanan tidaklah semata-mata kegiatan rutin, tetapi semangat menyala-nyala, seperti yang paling jelas tercermin dalam pasangan yang baru menikah, Gereja adalah mempelai perempuan Kristus, dan hal yang paling membahagiakan sang pengantin laki-laki ialah penerimaan yang hangat dan penuh kasih dari isterinya. Gereja yang berfondasi baik bukan hanya memerlukan doktrin yang benar (yang memang telah dimilikinya), tetapi pengabdian yang spontan kepada Tuannya.

 

Seberapa besar kamu mengasihi Tuhan Yesus?

 

RENUNGKAN:

Lakukan hukum yang terutama: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu" (Mat. 22:37).

 

DOAKAN:

Lebih kasih-Mu, ya Tuhanku!

Last Updated on Friday, 25 November 2011 17:41
 
Share