PESAN KEPADA JEMAAT TIATIRA DAN KEPADA KITA PDF Print E-mail
Written by DR. Timothy Tow   
Wednesday, 21 March 2012 12:26

Tuhan yang kudus, bersihkanlah diriku dari setiap keinginan yang salah, setiap hal yang bertentangan dengan perintahMu

 

WAHYU 2:18-29

MAZMUR 38

 

PESAN KEPADA JEMAAT TIATIRA DAN KEPADA KITA

 

Kepada jemaat di Tiatira Tuhan kita menyampaikan perkataan-perkataan yang lemah lembut seperti yang disampaikan-Nya kepada jemaat di Efesus. Betapa lembut-Nya Dia berbicara kepada milik kepunyaan-Nya, walaupun mereka telah menyimpang dari kebenaran. Kesalahan jemaat Tiatira lebih hebat daripada jemaat Pergamus. Di Tiatira bukan saja makanan penyembahan berhala yang dimakan, tetapi mereka juga mengikuti agama musuh, bangsa kafir yaitu Baal. yang diperkenalkan oleh Izebel, isteri raja Ahab yang fasik itu, kepada bangsa Israel. Jadi baik percabulan rohani maupun percabulan jasmani dilakukan.

 

Scofield Bible memasukkan gereja dari tahun 500-1500 masehi ke dalam Gereja Tiatira, yang bertepatan dengan zaman kegelapan dari Gereja Katolik Roma. Allah begitu murka terhadapnya sehingga Dia akan mencampakkan gereja ini dan semua orang yang berbuat zinah dengannya ke dalam masa kesusahan besar, dan juga akan membunuh anak-anaknya. Mereka yang tersisa dari gereja ini, dan yang tidak tercemar oleh ajarannya yang jahat dan tipu muslihat Iblis, Tuhan menuntut kesetiaan untuk bertahan sampai akhirnya. Jelas bahwa mereka yang bertahan ini adalah para Reformator, Luther dan Zwingli, Calvin dan Knox yang mengembalikan iman gereja kepada iman rasuli.

 

Pada masa jatuhnya Yerusalem ke tangan bangsa Babilonia di bawah penghakiman yang adil dari Allah, terdapat orang-orang yang mengeluh dan menagisi kejijikan yang dilakukan di Yehuda. Mereka memperoleh kemurahan hati Tuhan yang "memberi tanda di dahi mereka" sehingga mereka dilepas dari pembantaian yang terjadi di kota tersebut(Yeh.9:14). "Walaupun seribu orang rebah di sisimu, dan sepuh ribu di sebelah kananmu. tetapi itu tidak akan menimpamu" (Maz. 91:7).

 

Di dalam setiap jemaat yang cemar, masih tersisa orang-orang yang beriman karena anugerah Allah. Apakah Anda salah satu dari mereka? Penyembuhan sebenarnya adalah memisahkan diri dari jemaat yang cemar (2 Kor. 6:14 - 18)

 

RENUNGKAN:

"Jangan turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa=apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu" (Efe. 5:11).

 

DOAKAN:

Tuhan, jauhkanlah saya dari segala berhala dan segala bentuk kejijikan.

Last Updated on Wednesday, 28 March 2012 15:24
 
Share