SIAPAKAH KEEMPAT PENUGGANG KUDA? PDF Print E-mail
Written by DR. Timothy Tow   
Wednesday, 02 January 2013 12:06

Doa adalah jawaban.

WAHYU 6:1-8

ZAKHARIA 1

 

SIAPAKAH KEEMPAT PENUGGANG KUDA?

 

Penunggang kuda yang pertama mengendalikan kuda putih dianggap banyak orang sebagai Anti-Kristus yang muncul pada permulaan waktu yang disebut dengan minggu kesusahan besar. Buswell berpendapat bahwa dia adalah gereja rasul=rasul yang berkembang dengan begitu pesatnya sehingga dunia Romawi dikuasai oleh Injil.

 

Sekarang jika kita membandingkan penunggang-penunggang tersebut dengan yang ada di buku Zakharia maka kita akan mendapatkan gambaran yang agak berbeda dari pandangan tradisional, demikian juga Buswell. Para penunggang kuda yang mengendarai kuda merah,  bintik (Alkitab bhs Indonesia; merah jambu), dan putih muncul pada penglihatan Zakharia yang pertama (Zak.1:8-11). Mereka adalah utusan sorga yang diutus untuk menjelajahi bumi, yang kembali untuk melaporkan bahwa seluruh bumi itu "tenang dan aman" (Zak. 1:10, 11). Lalu berfirmanlah Tuhan, "Sangat besar murka-KU terhadap bangsa-bangsa yang merasa dirinya aman," Allah akan mengirim perang, secara nyata, atas bangsa-bangsa non-Yahudi(Gentaile) yang telah mempersulit Sion. Perang adalah cara Allah untuk menghukum mereka yang menimbulkan kejahatan dan kekerasan manusia untuk memenuhi tujuanNya (Maz. 76:10).

 

Pada penglihatan Zakharia yang kesepuluh (Pasal 6) nabi tersebut melihat empat kereta berkuda keluar dari antara dua gunung. Kereta pertama ditarik oleh kuda merah, kereta kedua oleh kuda hitam, kereta ketiga oleh kuda putih, dan kereta keempat oleh kuda yang "berbelang-belang dan berloreng-loreng." "Berloreng-loreng dan berbelang-belang telah diterjemahkan sebagai "berbintik-bintik," yaitu, "ditandai dengan titik-titik." Siapa penunggang-penunggang kereta ini dengan warna-warna berlainan? mereka adalah keempat roh yang keluar ke arah keempat mata angin, sesudah mereka menghadap kepada Tuhan seluruh bumi(Zak. 6:5). Mereka diutus untuk menjelajahi bumi, apakah bumi dalam keadaan damai atau perang, atau dalam keadaan apapun juga, dan untuk melaporkanya kembali. Scofield mengaku bahwa keempat roh itu adalah para malaikat (Luk. 1:19; Ibr. 1:14). Kita berpendapat bahwa mereka adalah malaikat-malaikat perang karena Yehovah adalah TUHAN semesta alam (atau angkatan perang).

 

RENUNGKAN:

Penafsiran Alkitab adalah membandingkan Kitab dengan Kitab.

 

DOAKAN:

Tuhan, tolonglah hambaMu untuk melihat kebenaran.

Last Updated on Wednesday, 02 January 2013 12:58
 
Share