KEEMPAT SANGKAKALA PERTAMA PDF Print E-mail
Written by DR.Timothy Tow   
Tuesday, 03 September 2013 15:02

Dalam Kristus --- pengharapan yang kekal.

Tanpa Kristus --- pengharapan berakhir.

 

WAHYU 8: 7-13

1PETRUS 2:2; IBRANI 5:1-14

 

KEEMPAT SANGKAKALA PERTAMA

 

Bunyi Sangkakala yang mengikuti bunyi gemuruh, halilintar dan gempa bumi memberikan kita gambaran yang lebih terperinci akan penghukuman yang akan datang. Keempat sangkakala yang pertama merupakan penguatan dari keempat materai penghukuman pertama. Jika pada keempat materai penghukuman, seperempat penduduk bumi dibinasakan melalui penyembelihan, kelaparan dan kematian, maka oleh bunyi sangkakala  sepertiga dari bumi ini akan tertimpa penghukuman. Sekarang kita melihat sepertiga dari bumi ini dihancurkan melalui peperangan, yang juga mempengaruhi tanaman-tanaman.

 

Kedua, kita melihat lautan juga dicemarkan oleh kematian sepertiga kapal-kapal yang dihancurkan.

 

Ketiga, kita melihat pencemaran terjadi pada sungai-sungai dan mata-mata air. Kami mengerti penghukuman pada sangkakala yang ketiga ini secara figuratif. Air adalah kehidupan, dan berhubungan dengan kehidupan manusia. Apsintus (=wormwood=ipuh) membuat hidup menjadi pahit, yaitu bahwa oleh kuasa pemerintahan Setan tidak akan ada keadilan dan kebenaran, sama seperti kehidupan dalam pemerintahan Nazi dan komunis (Amos 5:7).

 

Bagi orang-orang Yahudi yang memberontak yang melayani Baal, mereka dibawa dalam pembuangan oleh orang-orang Babilon. "Sebab itu beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Sesunggunya Aku akan memberi bangsa ini makan ipuh dan minum racun. Aku akan menyerahkan mereka ke antara bangsa-bangsa yang tidak dikenal oleh mereka atau oleh nenek moyang mereka, dan Aku akan melepas pedang mengejar mereka sampai Aku membinasakan mereka" (Yer 9:15-16). Penglihatan dan berita yang palsu yang disampaikan oleh nabi-nabi palsu yang menentang Yeremia juga digambarkan seperti ipuh dan minum racun (Yer 23:15). Dalam hari-hari terakhir, gereja akan diberi makan dengan banyak ipuh dan minum racun oleh guru-guru dan pendeta-pendeta palsu, dan bukan susu yang murni dari firman dan daging yang keras dan bagus.

 

Keempat, kita melihat juga angkasa dicemarkan yang berpengaruh pada sinar matahari, bulan dan bintang-bintang. Kita percaya, ini adalah jawaban Tuhan pada manusia yang tidak perduli karena merambah "ladang-Nya". Tuhan akan menghukum manusia dengan menggoncangkan kekuatan kosmis.

 

RENUNGKAN: Perang Dunia Ketiga telah semakin dekat dari yang saya kira.

 

DOAKAN: Tuhan, jauhkan saya dari masa pencobaan.

Last Updated on Tuesday, 03 September 2013 15:39
 
Share