PROVIDENSI ALLAH PDF Print E-mail
Written by Buswell, T Tow & J Khoo   
Wednesday, 17 August 2011 20:15

 

PROVIDENSI ALLAH


A Systematic Theology

In the

Reformed and Premillennial Tradition

of J Oliver Buswell

By

Timothy Tow and Jeffrey Khoo

 

http://febc.edu.sg/assets/pdfs/febc_press/Theology_for_Every_Christian.pdf

diterjemahkan oleh Peter Yoksan 


“Pekerjaan providensi Allah adalah tindakan Allah yang mahakudus, mahabijaksana, mahakuasa dalam memelihara dan memerintah segenap ciptaanNya beserta segala tindakan mereka” (Katekisasi Singkat Westminster, Pertanyaan 11).


 

Allah bukan hanya Pencipta dari segala ciptaan, tetapi Ia secara terus-menerus menopang dan memerintah seluruh ciptaanNya. Kristus dikatakan sebagai Pribadi yang “menopang segala-sesuatu dengan firmanNya yang penuh-kekuasaan” (Ibrani 1:3). Pribadi yang “melalui Dia segala sesuatu tercipta,” atau di dalam Dia segala sesuatu memiliki integrasi secara teratur (Kolose 1:17). Nehemiah menyatakan dalam frasa yang agung tentang Allah yang sedang memelihara dan memerintah segala sesuatu – “Engkau, bahkan hanyalah Engkau, TUHAN saja; Engkau telah membuat langit dan langit di atas langit, dengan seluruh isinya, bumi, dan seluruh yang ada di bumi, laut, dan seluruh yang ada di dalamnya, dan Engkau memelihara mereka semua; dan pasukan-pasukan sorga selalu memuji Engkau” (Nehemiah 9:6).


 

Ayub menaikkan pujian yang sama kepada Allah, “Tetapi sekarang bertanyalah kepada binatang-binatang, maka mereka akan memberi engkau pengajaran, dan kepada burung di udara, dan mereka akan mengatakan kepadamu. Atau bertuturlah kepada bumi, maka engkau akan diberinya pengajaran, bahkan ikan di laut akan bercerita kepadamu. Siapa di antara semuanya itu yang tidak tahu, bahwa tangan Allah yang melakukan itu; Di dalam tanganNya terletak nyawa segala yang hidup dan nafas setiap manusia?” (Ayub 12:7-10).


 

Allah bukan hanya telah menciptakan tetapi juga selalu memelihara dan menopang seluruh dunia ini. Setelah pekerjaan penciptaanNya, Dia tidak terus berlibur.

 

Last Updated on Thursday, 18 August 2011 17:09
 
Share