Doa Doa Nehemiah Bag 1 (Nehemiah Bag 7) PDF Print E-mail
Written by Peter Yoksan   
Thursday, 29 December 2011 21:55

 

Ringkasan Khotbah 02 Oktober 2011


Doa-doa Nehemiah

Nehemiah 1:4-11

Oleh: GI Peter Yoksan


Doa adalah hak bicara anak-anak Tuhan kepada Allah Bapa di sorga. Doa adalah 5S:


1. Sapa Allah sebagai Bapa. Hanya 2 agama di dunia yang memanggil Allah mereka  dengan penggilan Bapa, yaitu orang Israel dan orang Kristen. Doa merupakan nafas rohani orang Kristen. Doa bukan ditujukan kepada Tuhan Yesus ataupun kepada Roh Kudus, tetapi ditujukan kepada Allah Bapa melalui/dalam nama Putra Tunggal-Nya Yesus Kristus.


2. Sesal, yaitu mengaku dosa dan kesalahan kia. Hal ini sangat susah untuk dilakukan sejak manusia jatuh kedalam dosa. Manusia justru cenderung menyalahkan orang lain atas kesalahan yang mereka lakukan untuk menyelamatakan diri mereka sendiri.


3. Syukur, yaitu mengucap syukur juga susah dilakukan oleh orang berdosa. Menurut mereka kesuksesan yang mereka dapat adalah karena diri mereka sendiri bukan karna Allah yang berkehendak. Sebagai orang Kristen hendaklah kita selalu memuji Tuhan, memuju Tuhan dengan menyebut nama-nama Tuhan dan sifat-sifat Tuhan. Ada 7 sifat Tuhan : 1. Tidak berubah dalam jati diri-Nya. 2. Tidak berubah dalam hikmat-Nya. 3. Tidak berubah dalam kekuasaan-Nya. 4. Tidak berubah dalam kekudusan-Nya. 5. Tidak berubah dalam keadilan-Nya. 6. Tidak berubah dalam kebaikan-Nya. 7. Tidak berubah dalam kebenaran-Nya.


4. Sahabat dan diri sendiri. Yang sering dilupakan pada saat berdoa adalah mendoakan orang lain baik itu sahabat maupun saudara, baru kemudian doa untuk diri sendiri.


5. Sahkan di dalam nama Putra Bapa yaitu Yesus Kristus.

Nehemiah adalah seorang yang berkenan di mata Tuhan. Ia adalah seorang yang rajin, tidak hanya rajin bekerja tetapi juga rajin berdoa, hal ini manandakan ia adalah seorang yang mengandalkan Tuhan dalam kehidupannya. Setelah Nehemia mendapatkan laporan tentang hancurnya tembok dan gerbang kota Yerusalem, ia menjadi sangat sedih dan terbeban. Nehemiah 1:4-11 adalah doa pertama Nehemiah kepada Allah. Ia berdoa kepada Allah dengan 5 S (menyapa Allah, meminta Allah mendengar doanya, mengaku dosa diri dan bangsanya kepada Allah, meminta Tuhan memberikan belas kasihan di hadapan rajanya). Doa Nehemiah ini sesuai dengan kehendak Allah sehingga Allah mengabulkan doanya.


Nehemia 2:4, Nehemiah kembali berdoa pada saat ia menghadap raja dengan wajah yang muram, ia berdoa kepada Allah, hal ini membuktikan bahwa Nehemiah adalah seorang yang sudah terlatih dalam berdoa. Ia berdoa sebelum menjawab pertanyaan dari rajanya tantang apa yang dia inginkan. Ia berdoa memohon Allah dapat membantunya menyampaikan keinginan hatinya kepada raja.


Ada 2 poin doa Nehemiah, yaitu :


1. Berdoa agar persoalan Tembok Yerusalem dapat diselesaikan yaitu supaya ia mendapat belas kasihan dari raja agar Nehemia mendapat cuti. (Nehemia 1:4-11).


2. Berdoa sebelum Nehemiah menjawab pertanyaan raja (Nehemia 2:4).

Kiranya dengan doa kita akan di kuatkan oleh Tuhan, seperti yang terjadi pada Nehemiah. Di dalam doa kita menjadi percaya bahwa Tuhan adalah pribadi yang utama atau menjadi yang utama dalam hidup kita. Amin.


Diringkas oleh Indriyanti, diedit oleh Pipit Margareta Jong

 

Last Updated on Friday, 30 December 2011 06:29
 
Share