Hidup Benar di Hadapan TUHAN PDF Print E-mail
Written by Ajin Thu   
Tuesday, 07 February 2012 08:55

Ringkasan Khotbah 15 Januari 2012

Hidup Benar di Hadapan Tuhan

Mazmur 101

Oleh: GI Ajin Thu

Lawan benar adalah dusta dan sombong. Hanya Allah yang sungguh-sungguh benar dan adil.  Setiap orang percaya dibenarkan oleh Yesus, dan oleh sebah itu maka setiap orang percaya harus harus hidup benar di hadapan Tuhan. Ada beberapa contoh orang yang hidup benar di dalam Alkitab, yaitu:

1.  Henok (Kejadian 5:22)

Henok hidup bergaul dengan Allah sehingga ia diangkat secara hidup-hidup ke surga oleh Tuhan.

2.  Nuh (Kejadian 6:9)

Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela. Melalui dia lahirlah generasi yang saleh.

3.  Ayub (Ayub 1:1)

Ayub adalah seorang yang saleh dan jujur di hadapan Tuhan sehingga Tuhan memperhatikannya.

4.  Yusuf (Kejadian 39:9)

Yusuf tidak mau berbuat dosa meskipun Ia tinggal di tempat yang jauh dari keluarga dan kampung halamannya.

5. Daniel (Daniel 6:6)

Daniel berdoa tiga kali sehari meskipun Ia tinggal di luar Israel.

Mazmur 101 kemungkinan ditulis Daud pada awal pemerintahannya sebagai raja. Mazmur ini berisi komitmen Daud untuk membangun rumah Allah dan juga istananya. Adapun komitmen-komitmen Daud di dalam Mazmur 101 adalah sbb:

1. Komitmen Daud untuk bersaksi kepada Allah (Mazmur 101:1)

Daud bersaksi tentang kasih setia Allah. Kesaksian Daud menunjukan pengalamannya akan kasih Allah dalam hidupnya. Setiap orang percaya pasti pernah mengalami kasih setia Tuhan di dalam hidupnya. Marilah kita belajar dari Daud untuk menyaksikan pengalaman kita akan kasih setia dan kebaikan Tuhan di dalam hidup kita kepada orang-orang di sekitar kita.

2. Komitmen Daud untuk bergaul dengan Allah (Mazmur 101:2-6)

Daud ingin  hidup benar di hadapan Allah (ayat 2 & 3). Daud tidak hanya secara pribadi ingin hidup benar di hadapan Tuhan tapi ia juga membawa keluarganya untuk hidup benar di hadapan Tuhan. Daud berjanji untuk hidup bersekutu dengan orang saleh (ayat 6).  Contoh persekutuan dengan orang saleh pada saat ini antara lain: ibadah hari Minggu, persekutuan doa, persekutuan keluarga dan juga rajin membaca Firman Tuhan. Orang percaya yang setia prioritas utamanya adalah ingin menyenangkan Tuhan, bukan hanya secara pribadi tapi juga seisi keluarga dapat turut serta menyenangkan hati Tuhan.

3. Komitmen Daud untuk melawan kejahatan (Mazmur 101:7-8)

Daud berjanji akan membuang dan menghancurkan kejahatan (ayat 8). Hal yang dapat kita lakukan untuk melawan kejahatan yaitu berdoa dan mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah. Mazmur 15 & 25, mata Tuhan tertuju pada orang-orang setiawan dan yang tak bercela. Hanya orang yang saleh dan mengasihi Tuhan yang dapat melayani Tuhan.

Diringkas oleh Elisabet Cong, diedit oleh Pipit MJ

 
Share