Tujuh (7) Aspek Kehendak Allah (Aspek VI: Permisif Bagian 1) PDF Print E-mail
Written by Peter Yoksan   
Sunday, 12 February 2012 06:00

 

Ringkasan Khotbah 05 Februari tahun TUHAN 2012


Kehendak Permisif dari Allah Bagian 1 ( Aspek ke 6 Kehendak Allah )

Yunus 1-4

Khotbah oleh:  Gembala Sidang Peter Yoksan


Kehendak Permisif Allah artinya Allah  mengizinkan manusia untuk melawan perintahnya, namun kemudian Allah akan merotani orang itu supaya bertobat sehingga melaksanakan/menuruti perintah/kehendak-Nya. Jikalau seseorang setelah dirotani Allah tetap tidak mau bertobat maka ia akan menerima hukuman Allah. Hukuman bagi orang yang tidak mau bertobat (dari dosa dan percaya Yesus) adalah dilempar ke api neraka selama-lamanya.


Firman TUHAN (7x dalam Kitab Yunus kata Firman TUHAN) kepada Yunus untuk berangkat ke Niniwe (ke utara). Pada saat itu Niniwe merupakan kota yang besar. Tuhan ingin Yunus ke kota itu untuk menentang orang-orang Niniwe karena kejahatan mereka sudah maximum dan keterlaluan. Dosa-dosa Niniwe adalah menentang Allah, sangat kejam (terhadap musuh-musuh mereka), menyembah dewa, dan juga terlibat dalam ilmu hitam (black magic). Namun Yunus tidak ke Niniwe, sebaliknya ia malah berangkat ke Tarsis (ke selatan Spanyol/Eropa). Yunus pada saat itu sedang melawan Tuhan dengan tidak mengikuti perintah Tuhan. Tuhan  “mengizinkan” Yunus pergi ke Tarsis. Maka berangkatlah Yunus menggunakan kapal. Perjalanan kapal pulang pergi ke Tarsis memakan waktu yang panjang yaitu kurang lebih 3 tahun. Itu berarti Yunus baru dapat pulang kembali karena kapal untuk balik hanya berlayar 3 tahun sekali.  Di dalam kapal para penumpang membawa banyak barang. Tuhan mengirimkan badai besar, kapal hampir tenggelam. Pada saat itu Yunus sedang tertidur lelap padahal kapalnya sudah bergoyang-goyang dan hampir hancur. Lalu Yunus dibangunkan oleh kapten kapal dan diminta untuk berdoa kepada Tuhannya. Mereka membuang undi yang jatuh ke diri Yunus. Yunus kemudian meminta orang-orang di kapal untuk membuang dirinya ke laut. Mereka tidak berani dan berusaha mendayung tetapi usaha mereka sia-sia sehingga mereka ‘terpaksa’ membuang Yunus ke laut dan seketika itu juga badai reda. Semuanya menjadi tenang. Orang-orang yang berada di kapal langsung mengetahui bahwa Tuhan Yunus-lah Tuhan yang sesungguhnya yaitu Tuhan yang menguasai alam dan lautan. Mereka menjadi takut kepada Tuhan kemudian membuat persembahan untuk Tuhan dan juga bernazar kepadaNya. Tuhan menguasai manusia dan alam.


Saat berada di dalam laut, Yunus ditelan ikan besar sehingga ia berada di dalam perut ikan itu selama 3 hari dan 3 malam. Tuhan menguasai binatang. Banyak orang yang tidak percaya  hal ini dan mengatakan bahwa Alkitab tidak 100% benar. Mereka menganggap tidak mungkin seseorang yang ditelan ikan dapat bertahan hidup di dalam perut ikan itu. Namun Yunus dilindungi Tuhan dan kemudian ia diberikan kesempatan kedua kali untuk bertobat. Ia diperintahkan untuk pergi ke Niniwe untuk kedua kalinya dan kali itu ia taat (pasal 3).


Kita tidak boleh melawan Tuhan karena Tuhan akan menghukum dan merotani kita. Jikalau kita mengikuti perintah Tuhan dan melakukan hal-hal  yang sesuai dengan kehendak Tuhan maka  kita akan diberkati. Janganlah sampai kita melakukan dosa tetapi tidak merasa bersalah bahkan terus melanjutkan dosa yang sama (Yunus tertidur lelap di tengah badai tanda ia merasa tidak bersalah). Yunus sangat menderita di dalam perut ikan. Ia lalu berdoa dan Tuhan membuat ikan itu memuntahkan Yunus di pantai. Jikalau kita menderita karena kesalahan kita menentang Tuhan ataupun karena hal lain maka berdoalah maka Tuhan pasti memberikan jalan keluar. Kita dapat berdoa kapan dan dimana saja dan Tuhan pasti akan menjawab apabila itu sesuai kehendak-Nya. Yunus mengalami apa yang di dalam bahasa hakka disebut, “Khu, khiu, khoi.” (Khu = menderita ayat 2:2, khiu = berdoa/memohon ayat 2:1, khoi = buka ayat 2:10). Setelah dibukakan jalan oleh Tuhan terakhir kita harus “kam chia” (bersyukur ayat 2:9). Jadilah orang Kristen yang selalu tahu bersyukur.


Diringkas oleh Eunice Elson,, diedit oleh Pipit MJ

 

Last Updated on Sunday, 12 February 2012 06:10
 
Share