Penampakan Yesus Yang Pertama PDF Print E-mail
Written by Peter Yoksan   
Saturday, 14 April 2012 22:43

 

Ringkasan Khotbah 08 April 2012


Penampakan Yesus Yang Pertama

Matius 28 :11-20

Oleh: GI Peter Yoksan


Pada saat kebangkitan-Nya, Yesus pertama kali menampakan diri pada wanita-wanita yang pergi ke kubur. Yesus adalah Anak Domba Allah yang disembelih untuk menebus dosa manusia. Kematian dan kebangkitan Yesus dicatat dalam 4 Injil sedangkan kelahiran-Nya hanya dicatat dalam 2 Injil saja yaitu Injil Matius dan Lukas. Di dalam ke 4 Injil, Yesus menampakan diri sebanyak 10 kali dan hanya kepada orang-orang yang percaya saja.


Di dalam I Korintus 15 terdapat 4 poin yang merupakan inti dari Injil (Kabar Gembira):


1. Yesus telah mati untuk dosa manusia, sesuai Kitab Suci

2. Yesus telah dikuburkan.

3. Yesus telah bangkit, sesuai Kitab Suci

4. Yesus telah menampakan diri.


Hari kebangkitan Yesus dapat diingat dengan 5 M yang berkaitan dengannya:


1. Mesias. Yesus adalah satu-satunya orang yang memiliki 3 jabatan, yaitu sebagai Nabi, Imam  dan Raja. Seluruh isi dari Yesaya 53 digenapi oleh-Nya satu persatu. PASKAH berarti luput/lepas/bebas dari tulah/kutuk ke 10 yang Allah jatuhkan kepada bangsa Mesir. Dengan mengoleskan darah domba pada pintu rumah tiap keluarga Israel pada saat itu mereka luput dari kutuk/tulah. Darah Yesus yang telah tercurah di atas kayu salib di Bukit Calvary/Golgota/Tengkorak itu juga telah membebaskan manusia dari dosa, itulah PASKAH pada saat sekarang ini, jadi PASKAH adalah tentang MESIAS disalibkan dan bangkit.


2. Malaikat. Allah mengutus seorang malaikatnya untuk turun ke bumi, maka terjadilah gempa bumi yang hebat, malaikat itu pun turun dan  menggulingkan batu-besar penutup pintu kubur Yesus kemudian duduk diatasnya, maka takutlah para penjaga yang menjaga kubur itu.


3. Maria Magdalena dan rombongan. Maria Magdalena beserta beberapa wanita lainnya datang pagi-pagi sekali ke kubur Yesus untuk merempahi tubuh Yesus yang telah mati. Tetapi yang mereka dapati adalah pintu kubur Yesus yang telah terbuka dan seorang malaikat yang memerintahkan kepada mereka untuk: 1) Masuk kedalam kubur; 2) Melihat tempat dimana tubuh Tuhan Yesus berbaring, Dia sudah tidak ada di situ karena Dia telah bangkit; 3) Pulang dan beritahukan kepada murid-murid Yesus bahwa Dia telah bangkit dari antara orang mati dan akan mendahului mereka ke Galilea dan disanalah mereka akan melihat Dia. Pada saat rombongan ini pulang untuk memberitahukan kabar itu kepada murid-murid Tuhan Yesus pun menampakan diri untuk yang pertama kalinya kepada wanita-wanita setia ini.


4. Mafia. Matius 28:1-15, Mahkamah Agama menyebarkan berita bohong bahwa Yesus tidak bangkit, tetapi tubuh-Nya telah dicuri oleh murid-murid Yesus tersebar kesemua orang Yahudi sampai sekarang. Pemimpin agama menyogok uang besar kepada para tentara.


5. Mega (Besar). Gempa bumi yang besar pada saat malaikat Allah turun ke bumi, batu yang besar untuk menutupi pintu kubur Tuhan Yesus, ketakutan yang besar para penjaga kubur setelah melihat malaikat Allah, berita-gembira yang besar tentang kebangkitan Tuhan Yesus, sogokan yang besar yang diberikan oleh Mahkamah Agama kepada para penjaga kubur agar mereka berbohong tentang fakta kebangkitan Yesus, dan yang terakhir merupakan yang paling penting adalah Matius 28:18-20, yaitu GEMAKAN secara BESAR-BESARAN KABAR KESELAMATAN dimana Amanat Agung adalah GEMA MEGA/BESAR.


Diringkas oleh Indriyanti, diedit oleh Pipit MJ

 

Last Updated on Saturday, 14 April 2012 22:46
 
Share