Peperangan Rohani Terus Berlanjut PDF Print E-mail
Written by Peter Yoksan   
Saturday, 12 May 2012 07:53

 

Ringkasan Khotbah 06 Mei 2012


Peperangan Rohani Terus Berlanjut

Nehemiah 13

Oleh: GI Peter Yoksan


Peperangan rohani tetap berlanjut artinya setiap orang percaya maupun gereja selalu mempunyai masalah yang datang silih berganti. Kita telah mempelajari bahwa Tuhan telah melakukan lebih dari 70 kebaikan kepada orang Israel di pasal 9. Tetapi manusia membalasnya dengan kejahatan. Contohnya di Nehemiah 9:7-15 mengatakan bahwa anugerah diberikan kepada Bangsa Israel tetapi mereka tidak berterima kasih dan sombong (ayat 16, 17).  Hal itu terjadi berulangkali. Tuhan memberikan mereka rahmat dan berkat yang banyak tetapi mereka tidak bersyukur dan melawan Firman Tuhan sehingga Tuhan menghukum mereka supaya mereka bertobat. Mengapa kita datang ke gereja? Yaitu supaya orang bertobat, mengaku dosa, dan berjanji kepada Tuhan. Janji ada yang lisan dan ada yang tertulis seperti tanda tangan di atas kertas bermaterai.  Janji itu seperti KK, KTP dan Akte Lahir yang tidak boleh hilang dan bersifat terbuka supaya dapat diingat dan dipertanggung-jawabkan.


Nehemiah 9:38 mengatakan bahwa mereka mengikat perjanjian yang teguh dan dicatat dengan dibubuhi meterai para pemimpin mereka. Orang-orang yang bersumpah pada saat itu ada lima golongan, yaitu: 1) Imam-imam Kepala; 2) Pemimpin-pemimpin Suku Lewi; 3) Pemimpin-pemimpin Jemaat/Keluarga; 4) Wakil-wakil dari Kota; 5)Ahli-ahli Taurat. (Kelima kelompok ini adalah cikal bakal Sanhedrin). Orang percaya juga harus membuat janji kepada Tuhan. Zaman sekarang, orang-orang percaya yang harus ikut serta di dalam membuat perjanjian itu adalah: 1) Pendeta/Penginjil; 2) Guru-guru Sekolah Minggu; 3) Pelayan-pelayan gereja; 4) Para Pengurus Gereja; 5) Kepala dan Ibu Rumah Tangga.


Di dalam mengikat perjanjian itu, mereka membuat tujuh janji tertulis, yaitu:


1. Mereka tidak akan menikah dengan orang tidak percaya (Nehemiah 10:30)

2. Mereka akan ke gereja setiap hari Minggu (Nehemiah 10:31)

3. Mereka akan merawat gedung geraja (Nehemiah 10:32, 34, 39)

4. Mereka akan merayakan setiap hari raya (Nehemiah 10:33)

5. Mereka akan mempersembahkan anak sulung terbaik (Nehemiah 10:36)

6. Mereka akan mempersembahkan kayu untuk mezbah (Nehemiah 10:34)

7. Mereka akan mempersembahkan perpuluhan (Nehemiah 10:35, 37-38)

 

Ulangan 28:1-15 mengatakan bahwa jika kita setia maka kita akan diberikan  21 berkat, kalau kita tidak setia maka kita akan dikutuk ratusan kutuk. Ke-21 berkat itu dapat kita kelompokkan ke dalam 10 berkat yaitu: 1) Di segala tempat: keluar masuk aman; 2)Semua jemaat (tua muda besar kecil) akan diberkati; 3) Ladang diberkati; 4) Ternak diberkati; 5) Diberi hujan; 6) Hama dicegah; 7) Penyakit dicegah; 8) Meminjamkan bukan meminjam; 9) Jika musuh menyerang maka akan dikalahkan; 10) Menjadi saksi untuk Tuhan sebagai Umat Kistus.


Di pasal 13 terdapat 5 masalah peperangan rohani yaitu: 1) Di dalam gereja terkotori oleh orang tidak percaya; 2) Banyak musuh masuk ke gereja dan menjadi pengurus; 3) Jemaat tidak memberikan persembahan; 4) Jemaat melanggar sabat (berjualan di hari Minggu); 5) Perkawinan campur (orang percaya dengan orang tidak percaya).


Semua masalah di atas dapat diatasi dengan tindakan & empat doa (ayat 14, 22, 29& 31). Nehemiah menutup pintu gerbang di hari Sabat dan menempatkan penjaga, mencabut rambut yang kawin campur dan ia menghukum orang tidak dengan memanandang siapapun dia. Cucu imam besar yang kawin dengan keturunan gubernur Samariapun diusirnya.


Diringkas oleh Elizabeth Elson, diedit oleh Pipit MJ

 

Last Updated on Saturday, 12 May 2012 07:55
 
Share