Apa itu Gereja? PDF Print E-mail
Written by Peter Yoksan   
Thursday, 07 June 2012 08:30

 

Ringkasan Khotbah 03 Juni 2012

Apa Itu Gereja?
I Tesalonika 1
Oleh: GI Peter Yoksan



Kitab Tesalonika terdiri dari lima pasal dan pada pasal pertama terdiri dari sepuluh ayat. Tesalonika merupakan nama tempat di Eropah yang dilalui Paulus dan Silas di dalam pelayanan mereka. Ciri khas Gereja Tesalonika ada lima poin yaitu yang dapat kita singkat menjadi ABCDE supaya kita mudah mengingatnya.


1. Amat rindu kedatangan Yesus yang kedua kali  (ayat 9-10).


Dari Alkitab kita tahu bahwa dunia akan berlalu. Pada kedatangan Yesus yang kedua kali, orang percaya akan menerima tubuh mulia. Orang percaya tidak akan menerima murka Allah yang akan datang. Orang percaya akan diangkat ke langit yang ke dua untuk bertemu dengan Yesus di udara. Sedangkan mereka yang tidak percaya akan ditimpa malapetaka selama tujuh tahun. Oleh sebab itu, harapan orang percaya adalah menantikan kedatangan Yesus yang kedua kali. Gereja tidak dapat menyelamatkan kita. Hanya dengan percaya pada Yesus kita dapat memperoleh keselamatan.


2. Bekerja dengan giat berdasarkan iman dan kasih (ayat 1-3).

Tugas orang percaya di dunia adalah mewakili Yesus memberitakan Injil. Anggota gereja yang adalah orang percaya dilambangkan sebagai tubuh Kristus (I Korintus 12). Pelayanan kita harus berdasarkan  kasih dan iman (Firman Tuhan) karena Yesus telah terlebih dahulu mengasihi kita dengan mati di kayu salib untuk menebus dosa kita maka hendaknya kita rajin dan giat di dalam pemberitaan Injil.


3. Cari jiwa melalui pemberitaan Injil (ayat 8).

Gereja Tesalonika tidak hanya memberitakan Injil di Tesalonika tapi juga memberitakan Injil sampai ke Makedonia. Sebelum sampai di tempat lain, pemberitaan Injil harus dimulai dari tempat yang paling dekat dengan kita yaitu keluarga. Kita harus berdoa untuk anak-anak kita agar mereka percaya Tuhan Yesus sehingga anak-anak kita tidak hanya menjadi milik kita saja tetapi juga dapat menjadi anak- anak Tuhan. Mari mulai saat ini kita mendoakan keluarga kita agar dapat percaya Tuhan Yesus.


4. Dipilih Allah sebelum dasar dunia (ayat 4).
Gereja adalah mempelai perempuan dari Yesus, yaitu yang menikmati kasih Yesus.  Kita dapat percaya itu bukan karena kita telah memilih Allah melainkan Allahlah yang telah memilih kita, bahkan sebelum dunia dijadikan. Manusia berdosa telah tersesat dan tidak dapat mencari jalan kembali. Hanya Yesus yang dapat membawa kita kembali karena putra manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.


5. Emas adalah lambang gereja yang telah menjadi teladan (ayat 5-7)

Bagaimana gereja dapat menjadi teladan. Yaitu jika hamba-hamba-Nya mengikut Yesus. Untuk menjadi teladan, caranya adalah menerapkan 5T, yaitu:  Taat, Tekun, Terdidik, Tahan uji, Teladan.


Diringkas oleh Elisaabet Cong, diedit oleh Pipit MJ

- 3 -

 

Last Updated on Thursday, 07 June 2012 08:31
 
Share