Berbuatlah Satu Perbuatan Baik untuk TUHAN YESUS KRISTUS PDF Print E-mail
Written by Peter Yoksan   
Saturday, 14 July 2012 08:49

 

Ringkasan Khotbah 08 Juli Tahun TUHAN 2012



Berbuatlah Suatu Pekerjaan Baik Untuk Kristus

Matius 26 : 6-13

Oleh : GI Peter Yoksan


Tema besar dari Injil Matius 26 adalah “Berjaga-jagalah dan Berdoalah.” Ada delapan tema kecil di dalamnya. Tema kecil pertama “Bahaya yang Sedang Mengancam” telah dibahas pada khotbah minggu lalu. Sekarang kita akan melihat tema kecil yang kedua yaitu “Berbuatlah Suatu Pekerjaan Baik Untuk Kristus.”


Ada kurang lebih satu setengah juta jenis pekerjaan di dunia ini. Semua pekerjaan itu akan dinilai oleh Tuhan. Di dalam I Korintus 3, dikatakan tentang  enam barang yang  akan dinilai/diuji dengan api yaitu emas, perak, batu-batu berharga, kayu, jerami, dan rumput. Pekerjaan yang baik di mata Tuhan adalah bagaikan emas, perak, dan batu-batu berharga yang tahan uji apabila diuji dengan api ia bukan saja tahan api tetapi menjadi semakin murni. Tiga jenis yang lain yaitu kayu, jerami dan rumput ketika diuji oleh api akan terbakar habis. Itulah lambang dari pekerjaan yang buruk di mata Tuhan.


Matius 26:6-13 menceritakan perjalanan Yesus di Kota Betania. Betania artinya Rumah Kurma. Kota Betania merupakan sebuah kota kecil di Yerusalem yang sering di kunjungi Yesus pada saat Ia menuju Yerusalem. Dua malam terakhir sebelum Yesus di tangkap, Ia bersama-sama dengan murid-murid-Nya diundang makan malam di rumah Simon si Kusta. Pada saat mereka sedang makan datanglah seorang perempuan membawa sebotol minyak wangi yang mahal dan mencurahkan minyak wangi itu ke kepala Yesus. Minyak wangi itu adalah seharga kurang lebih 300 Dinar yaitu sebanyak upah kerja selama 10 bulan pada saat itu. Sesuai tradisi Yahudi pada saat itu, pastilah minyak wangi itu merupakan barang berharga si perempuan itu telah ia simpan untuk bekal ia menikah kelak. Melihat kejadian ini murid-murid pun menjadi gusar, karena yang ada di dalam pikiran mereka apa yang perempuan itu lakukan adalah suatu pemborosan. Tetapi Yesus tahu apa yang sedang murid-murid-Nya pikirkan dan kemudian Yesus menegur mereka.


Minggu lalu telah dibahas 3 point (ABC) tentang “Bahaya Yang  Sedang Mengancam,” yaitu Allah Maha Kuasa yang selalu memegang kendali; Bersatunya para musuh untuk menyalibkan Yesus; Cara berpikir manusia yang takut manusia tetapi tidak takut Tuhan. Hari ini kita lanjutkan dengan 3 point (DEF) tentang “Berbuatlah Suatu Pekerjaan Baik Untuk Kristus.”


1. Dapatkah kita melihat kesempatan untuk melayani Yesus? (ayat 6-9)

Di dalam Matius 26:6-13,  perempuan itu dapat melihat kesempatan untuk melayani Yesus karena: 1) ia tahu bahwa Yesus ada di Betania; 2) ia memiliki rencana; 3) ia rajin nengikuti Yesus; 4) ia tahu siapa Yesus itu; 5)  ia taat.


2. Extra rajinkah kita melakukan kesempatan pelayanan? (ayat 10-12)

Melakukan pelayanan  untuk Tuhan haruslah yang terbaik agar Tuhan senang, jangan seperti orang Israel yang di dalam Maleakhi 1-4 yang membawa persembahan yang buruk/cacat untuk Tuhan. Bagaimana cara melayani yang baik ? 1) Bekerja sampai tidak ada tenaga; 2) Bekerja sampai seluruh badan pegal; 3) Bekerja sampai tuntas.


3. Fakta yang terjadi untuk diingat selama-lamanya (ayat 13)

Tujuannya adalah agar dapat menjadi contoh atau teladan untuk semua orang dimana baik tua atau muda, besar atau kecil saat melayani Tuhan.  Kunci bekerja untuk Tuhan adalah lihat ke ATAS. A: Apakah pekerjaanku memuliakan Allah tidak? T: Apakah pekerjaanku berguna untuk Teman dan keluarga? AS: apakah pekerjaanku berguna untuk Aku Sendiri?


Diringkas oleh Indriyanti, diedit oleh Pipit MJ

 

Last Updated on Saturday, 14 July 2012 08:53
 
Share