Jantungku siap, ya Allah PDF Print E-mail
Written by Ajin Thu   
Sunday, 22 July 2012 06:44

 

Ringkasan Khotbah 15 Juli 2012


Jantungku Siap, ya Allah

Mazmur 103

Oleh : GI Ajin Thu


Mazmur 108 hanya terdiri dari 14 ayat yang semuanya terdiri dari doa. Mazmur 108 merupakan keyakinan pemazmur bahwa Allah akan melepaskan umat-Nya yaitu bangsa Israel dari musuh mereka (ayat 10) yang terdiri dari orang Moab dari Timur, orang Edom dari Selatan dan orang Filistin dari Barat. Semua musuh orang Israel dikalahkan oleh Allah. Hari ini mungkin kita tidak punya musuh yang nyata di depan mata, akan tetapi kita puya musuh yang tidak nampak yaitu sifat-sifat kita yang duniawi.

Judul khotbah hari ini “Jantungku Siap, ya Allah” memberitahukan kita tentang hal apa saja yang harus kita siapkan ketika kita menyiapkan jantung kepada Allah.


1. Jantung kita siap untuk bersyukur kepada Allah (ayat 2-6)

Banyak orang yang tidak siap untuk datang beribadah. Hal itu nampak misalnya ketika kantong kolekte dijalankan, ada jemaat yang masih sibuk mencari uang persembahan ketika kantong kolekte sudah sampai di depannya. Ada juga yang tidak berkonsentrasi ketika mendengarkan Firman Tuhan. Sikap yang baik pada waktu beribadah adalah seperti yang ditulis oleh pemazmur di ayat 2b yaitu “Aku mau menyanyi, aku mau bermazmur. Bangunlah hai jiwaku.” Mazmur 5:3 pemazmur mengatakan bahwa pada waktu pagi kita harus mengatur persembahan bagi Allah. Ayat 4, pemazmur mau bersyukur kepada Allah supaya orang dapat mengenal Allah yang kita sembah. Ayat 5 dan 6 merupakan alasan mengapa pemazmur bersyukur kepada Allah yaitu karena kasih setia Allah yang begitu besar. Allah sudah berbuat begitu banyak hal yang baik untuk kita terutama memberi kita keselamatan di dalam Putra-Nya yang tunggal, hendaklah kita bersyukur senantiasa kepada Allah.


2. Jantung kita siap untuk berdoa kepada Allah (ayat 7-13)

Pemazmur mengungkapkan hal ini dalam pola doanya yaitu dengan siap menerima janji Allah. Bangsa Israel pernah dinubuatkan oleh Nabi Yeremia bahwa mereka akan dijajah oleh bangsa Asyur, akan tetapi Allah menjanjikan pelepasan asal bangsa Israel mau bertobat serta berdoa. Ayat 8-9 merupakan janji Allah kepada bangsa Israel dengan tujuan supaya mereka dilepaskan asal mereka mau bertobat dan berdoa. Sebagai orang percaya, apakah kita berdoa dengan sungguh-sungguh supaya Allah membuka jalan-Nya untuk kita sesuai dengan rencana dan kehendak-Nya (Roma 8:28). Apapun permasalahan kita hari ini misalnya saat anak kita mau masuk sekolah kita kekurangan dana maka kita merasa susah, berdoalah dan berusahalah maka Allah akan membukakan jalan untuk kita.


3. Jantung kita siap untuk melakukan perbuatan yang gagah perkasa dari Allah (ayat 14)

Dengan pertolongan Allah maka bangsa Israel akan lepas dari masalah yang dihadapinya. Allah mau kita melakukan hal-hal yang gagah perkasa  artinya kita harus berusaha bekerja dengan giat dan keras, teguh dan tidak gentar dan kuatir. Setiap manusia pasti akan mengalami kekuatiran namun Alkitab mengatakan kita jangan kuatir dan jangan takut dalam segala hal. Marilah kita melakukan perbuatan  yang gagah perkasa dengan semangat yang tinggi kita giat di dalam pelayanan. Begitu banyak pekerjaan mulia yang dapat kita lakukan asal kita mau dan siap bekerja.


Diringkas oleh Rudy Rus, diedit oleh Pipit MJ

 

Last Updated on Sunday, 22 July 2012 06:47
 
Share