Akankah Engkau Menyangkal Yesus? PDF Print E-mail
Written by Peter Yoksan   
Saturday, 11 August 2012 08:54

 

Ringkasan Khotbah 5 Agustus 2012


Akankah Engkau Menyangkal Yesus?

Matius 26:26-35
Oleh: GI Peter Yoksan


“Berjaga-jagalah dan berdoalah”  merupakan tema utama dari Matius 26. Kita harus berjaga-jaga dan berdoa karena:

1. Berjaga-jaga dan berdoa karena dunia berbahaya

2. Berjaga-jaga dan berdoa atas perbuatan kita

3. Berjaga-jaga dan berdoa atas keselamatan kita

4. Berjaga-jaga dan berdoa atas kesaksian kita

5. Berjaga-jaga dan berdoa TANPA HENTI

6. Berjaga-jaga dan berdoa (bukan main-main)

7. Berjaga-jaga dan berdoa (menantikan TUHAN)

8. Berjaga-jaga dan berdoa (jangan sampai GAGAL)


Ada 8 topik di dalam Injil Matius 26 dimana 3 topik sudah dibahas sebelumnya, yaitu :


1. Kita harus berjaga-jaga dan berdoa karena ABC: Allah maha kuasa; Bersatunya para musuh; Cara berpikir manusia (yang takut manusia tapi tidak takut Tuhan).


2. Kita harus berjaga-jaga dan berdoa atas perbuatan kita karena DEF: Dapatkah kita melihat kesempatan pelayanan?;  Extra rajinkah kita?; Fakta sejarah yang menjadi suri teladan.


3. Seseorang dapat mengkhianati Yesus dengan alasan 3K: Karena uang; Karena tidak siap; Karena tidak tahu.


Minggu ini akan dibahas topik ke 4, yaitu GHI : Gelas kematian; Hendak menghindar?; Ingin omong besar?

 

Gelas Kesengsaraan/Kematian?

Matius 26:26-30 membahas tentang Gelas kematian/kesengsaraan. Kenapa disebut Gelas Kematian atau Gelas Kesengsaraan? Karena gelas yang berisikan anggur pada malam perjamuan terakhir Yesus dengan para murid-Nya itu merupakan lambang darah Yesus yang tercurah di atas kayu salib. Darah Yesus juga merupakan tanda dimulainya perjanjian baru (Yer 31:31). Di Perjanjian Lama orang Yahudi merayakan Paskah dengan menyembelih domba. Yesus adalah anak domba Allah yang telah dikorbankan untuk menebus dosa manusia.

 

Hendak Menghindar?

Matius 26:31-32 membahas pertanyaan tentang Hendak menghindar? Tidak dapat menghindar untuk tidak bersaksi. Zakaria 13:7 dinubuatkan Gembala Agung yaitu Yesus ditangkap dan domba tercerai. Yesus memberitahukan kepada murid-murid-Nya bahwa saat Ia sesudah Ia ditangkap maka iman mereka akan mulai goyah dan tercerai berai.

 

Ingin Bicara Besar?

Matius 26:33-35 membahas pertanyaan tentang Ingin omong besar. Bolehkah kita omong  besar seperti Petrus? Tidak Boleh. Markus 14:30 lebih menjelaskan bagaimana Petrus menyangkal Yesus. Penyangkalan yang dilakukan Petrus ini merupakan pertanda lemahnya iman seorang manusia.  Petrus adalah murid Yesus yang telah mengikuti kemanapun Yesus pergi. Petrus yang mengatakan bahwa ia tidak akan pernah menyangkal Yesus walaupun ia harus dipejara/mati, bahkan melakukan penyangkalan itu sebanyak 3 kali karena ketakutannya sebagai manusia.


Manusia yang percaya Yesus akan mengalami 2 kali kelahiran (lahir dari rahim ibu dan lahir baru sebagai anak-anak Tuhan) dan paling banyak mengalamai 1 kali kematian atau bahkan tidak pernah mati sama sekali (apabila sekarang Yesus datang ke 2 kali). Berbeda dengan manusia yang tidak percaya, mereka hanya mengalami 1 kali kelahiran (lahir dari rahim ibu) tetapi akan merasakan 2 kali kematian (mati secara jasmani dan mati kekal pada saat hari penghakiman nanti).


Diringkas oleh Indriyanti, diedit oleh Pipit MJ

 

Last Updated on Saturday, 11 August 2012 08:57
 
Share