Apakah Engkau Berpikir Allah Tidak Mengetahui? PDF Print E-mail
Written by Peter Yoksan   
Saturday, 08 September 2012 10:48

 

Ringkasan Khotbah 2 September 2012


Apakah Engkau Berpikir Allah Tidak Mengetahui?

Matius 26:47-56

Oleh: Gembala Sidang Peter Yoksan


Tuhan Yesus telah memberikan begitu  banyak perintah  di dalam Firman Tuhan. Tetapi kita  merenungkan 2 perintah Tuhan Yesus dari Matius 26 yaitu “Berjaga-jagalah dan berdoalah.” Dari tema utama ini kita telah pelajari 5 tema kecilnya yaitu: 1) Kita perlu berjaga-jaga dan berdoa karena kita hidup di  dunia yang berbahaya; 2) kita perlu mencari kesempatan untuk melayani Tuhan; 3) karena kita telah diselamatkan; 4)karena kita harus menjaga kesaksian kita; 5) kita harus berjaga-jaga dan berdoa tanpa henti. Roh kita memang penurut tapi daging kita lemah.


Arti dari berjaga-jaga adalah kita mau memelihara barang yang sangat berharga yang telah Allah berikan. Allah telah memberikan kita kebenaran yang sangat berharga.  Firman Tuhan merupakan kebenaran yang berharga. Bagaimana cara kita menjaga Firman Tuhan? Pada zaman sekarang begitu banyak pengajaran Alkitab yang salah. Orang Israel mengatakan tubuh manusia terdiri dari 248 organ. Kita harus menggunakan organ-organ tubuh yang Allah berikan untuk memuliakan Tuhan dan melayani-Nya. Oleh sebab itu kita perlu mendengarkan Firman Tuhan dan menghafalkannya supaya dapat menjaga dan memelihara Firman Tuhan.


Hari ini kita akan merenungkan tema kecil ke 6 dari tema utama “Berjaga-jagalah dan berdoalah” yaitu kita harus berjaga-jaga dan berdoa karena dunia ini bukan tempat untuk bermain-main. Ada 3 (MNO) point yang berkaitan dengan hal ini, yaitu:


1. Mencium Yesus untuk berkhianat (ayat 47-49)
Kenapa Yudas mengetahui Yesus berada di taman Getsemani? Karena Yesus sudah sering berdoa di sana. Yudas membawa pasukan imam-iman kepala dan tua-tua bangsa Yahudi untuk menangkap Yesus. Mereka datang dengan membawa pedang dan pentung.  Mereka tidak mengenal yang mana itu Yesus karena saat itu Yesus sedang bersama-sama dengan ke 11 murid-Nya. Oleh karena Yudas telah dibayar 30 keping perak maka ia memberikan mereka tanda dengan mencium Yesus sehingga para lawan Yesus itu tahu yang mana itu Yesus. Apakah Yesus tidak mengetahui pikiran mereka? Yesus adalah Allah yang Mahatahu. Jikalau Yesus tidak rela untuk ditangkap maka hal itu sama sekali tidak akan terjadi. Mereka dapat menangkap Yesus karena Yesus rela dan mengizinkan diri-Nya untuk ditangkap.


2. Nafsu daging digunakan dalam perang rohani (ayat 50-54)

Ketika Yesus di tangkap ada satu murid Yesus mengambil pedang, mengulurkannya dan memotong telinga dari hamba imam besar. Yesus mengatakan jangan menggunakan pedang karena kita akan celaka oleh pedang. Sebagai orang percaya kita harus menggunakan Firman Tuhan, bukan pedang. Yesus tidak memerintahkan murid-murid-Nya untuk berperang dengan pedang. Di bagian Injil lain dikatakan Yesus langsung menyembuhkan telinga orang itu karena Ia iba kepadanya. Sebagai orang percaya, kita jangan menggunakan nafsu daging kita untuk menyelesaikan masalah karena jika demikian maka kita akan gagal. Pada saat Yesus ditangkap, mengapa tidak ada malaikat yang muncul? Sebenarnya malaikat sudah ada di Taman Getsemani. Saat Yesus berdoa, mereka sudah ada di sana. Tetapi mengapa saat Yesus diperlakukan dengan jahat, malaikat tidak menampakkan diri? Alkitab mengatakan satu malaikat dapat mengalahkan 185.000 tentara. Itu karena Yesus rela ditangkap. Petrus yang memotong telinga pegawai iman, ia kemudian gagal karena pada akhirnya ia menyangkal Yesus 3 kali.


3. Oleh Yesus segala nubuatan Allah digenapi (ayat 55-56)

Pengkhiatan Yudas sudah dinubuatkan di dalam Kitab Mazmur 109. Yesus tidak takut ditangkap karena Ia sedang menggenapi nubuat Allah. Ia tidak takut untuk menyebutkan kebenaran. Zaman sekarang orang begitu sungkan untuk mengatakan kebenaran. Yesus memberitahukan mereka bahwa jikalau bukan kehendak Allah maka  mereka pasti tidak akan dapat menangkap-Nya. Yesus membiarkan diri-Nya di tangkap karena Ia mau mengalirkan darah-Nya yang berharga untuk menebus dosa manusia supaya manusia memperoleh hidup yang kekal.


Bagaimana kita menggenapi kehendak Tuhan? 1) Tidak membaca Firman Tuhan, jangan makan; 2) Tidak berdoa, jangan bernafas; 3) Tidak mengetahui kehendak Tuhan, jangan melangkah.


Diringkas oleh Eunice Elson, diedit oleh Pipit MJ

 

Last Updated on Saturday, 08 September 2012 10:50
 
Share