TUHAN Yesus Menampakkan Diri Ketiga Kali kepada Dua Murid yang Menuju Emaus PDF Print E-mail
Written by Peter Yoksan   
Saturday, 06 April 2013 08:39

 

Ringkasan Khotbah 31 Maret 2013


Yesus Menampakkan Diri Ketiga Kali kepada Dua Murid yang Menuju Emaus

Lukas 24:13-35

Oleh : GI Peter Yoksan


Setelah bangkit dari kematian, Yesus menampakan diri kepada murid-murid-Nya, sebanyak sepuluh kali, yaitu:


A. Ke Satu: Kepada perempuan-perempuan yang pulang dari kubur Yesus yang kosong pada pagi Hari
Minggu Paskah (Matius 28:8-10; Markus 16:8).


B. Ke Dua: Kepada Maria Magdalena di Taman Kuburan Yesus pada pagi Minggu Paskah (Yohanes 20:11-18; Markus 16:9-11).


C. Ke Tiga: Kepada murid-murid yang sedang menuju Emaus pada petang hari di Minggu Paskah (Lukas 24:13-32; Markus 16:12).


D. Ke Empat: Kepada Petrus pada Minggu Paskah (Lukas 24:33-35; Markus 16:13; I Kor 15:5).


E. Ke Lima: Kepada sebelas murid tanpa Tomas di Yerusalem pada petang Minggu Paskah (Lukas 24:36-49; Mrkus 16:14-18; Yohanes 20:19-25).


F. Ke Enam: Kepada sebelas murid dengan hadirnya Tomas di Yerusalem setelah 8 hari kemudian (Yohanes 20:26-29).


G. Ke Tujuh: Kepada tujuh orang yang sedang menangkap ikan di Galilea sebelum Yesus naik ke sorga (Yohanes 21:1-24; Matius 28;16).


H. Ke Delapan: Kepada sebelas rasul dan lima ratus orang di Bukit Galilea setelah Minggu pertama sebelum Yesus naik ke sorga (Yohanes 21:1-24; Matius 28:16).


I. Ke Sembilan: Kepada Yakobus Saudara Yesus saat antara Kebangkitan dan Kenaikan (I Korintus 15:7).


J. Ke Sepuluh: Kepada sebelas rasul di Bukit Zaitun pada hari ke empat puluh setelah Paskah (Kisah Para Rasul 1:3-8); Lukas 24:50).



Penampakan Diri TUHAN YESUS yang sudah bangkit dari kematian itu dapat juga dinamakan sebagai "Perjalanan dua orang yang sedang menuju Emaus adalah perjalanan yang mengubah kehidupan mereka."



1. Perjalanan mereka adalah suatu persekutuan rohani dimana mereka bercakap-cakap dan bertukar-pikiran tentang Firman Tuhan (ayat 15).

2. Yesus berjanji jikalau ada dua atau tiga orang bersekutu dalam nama-Nya maka Ia hadir (Matius 18:20).

3. Persekutuan mereka menjadi tiga orang karena mereka bertemu dengan Yesus walaupun mereka tidak   mengenali Yesus (ayat 16). Ada penafsir yang mengatakan kemungkinan kedua orang itu adalah suami istri yaitu Kleopas dan istrinya. Tetapi ada penafsir lain yang mengatakan kemungkinan Kleopas dan Lukas. Alkitab mencatat nama salah satu orang itu adalah Kleopas.

4. Dengan kehadiran Yesus, maka Yesus menjadi Maha Guru mereka (ayat  17) dimana Yesus  mengajari mereka dengan didahului pertanyaan sehingga mereka terhenyak atas pertanyaan Yesus.

5. Seorang dari mereka yaitu Kleopas, menjawab Yesus, “Adakah Engkau satu-satunya orang asing di Yerusalem, yang tidak tahu apa yang terjadi di situ pada hari-hari belakangan ini? “ (ayat 18).

 


Mereka hanya mengenal Yesus sebagai NABI yang disalibkan oleh para pemimpin Yahudi (ayat 19). Mereka mengharapkan Yesus menjadi RAJA. Yesus menjelaskan kepada ke dua murid-Nya itu tentang Mesias dari Kitab Perjanjian Lama yang orang Yahudi kenal sebagai TaNaKh dimana Ta adalah kependekan dari Taurat (5 Kitab Musa), Na kependekan dari Nabiim (Kitab Para Nabi) dan  Kh kependekan dari Khetuvim (Kitab-kitab Syair/Tulisan). Yesus menjelaskan kepada mereka bahwa di TaNaKh (Perjanjian Lama) telah dinubuatkan sebanyak lebih dari 300 kali bahwa Mesias harus menderita, mati dan bangkit sehingga Yesuslah satu-satunya orang yang memiliki 3 jabatan yaitu Nabi, Imam dan Raja. Yesus adalah Nabi (Ulangan 18:15); Yesus adalah Imam (Mazmur 110) dan Yesus adalah Raja (II Samuel 7:13). Sebagai imam, Yesus bukannya bertugas menyembelih korban binatang tetapi Ia Sendiri adalah Anak Domba Allah yang dikorbankan untuk penebusan dosa manusia.

 


Mata kedua orang itu baru terbuka setelah  penjelasan dari Yesus dan setelah Yesus memecahkan roti tidak beragi dan setelah itu mereka segera kembali ke Yerusalem untuk memberitahukan kepada murid-murid yang lain bahwa mereka sudah bertemu dengan Yesus yang telah bangkit dari kematian!

Amin.

 

(Diringkas oleh Dora, diedit oleh Pipit MJ)

 

Last Updated on Saturday, 06 April 2013 08:43
 
Share