Firman Tuhan Adalah Hidup PDF Print E-mail
Written by Ajin Thu   
Friday, 07 February 2014 09:49

Ringkasan Khotbah 12 Januari 2013


 

Firman Tuhan Adalah Hidup

Mazmur 119:49-56

Oleh: GI Ajin Thu

 

 

Ada seorang yang bernama Philip Bliss yang menulis lagu nomor 114 pada Kidung Puji-Pujian Krisen yang berjudul “Firman Hidup.” Sejak kecil orang tuanya sangat suka mendengarkan dan bermain musik. Setelah dewasa, pada suatu ketika keluarga Philip Bliss mengalami sebuah kecelakan kereta api dimana istri dan anak-anaknya meningal sehingga dia menciptakan lagu ini karena ia percaya sekali kepada Firman Tuhan sebagai Firman yang hidup. Kita bersyukur dapat memiliki Firman Tuhan yang sempurna. Firman yang sempurna itu adalah Alkitab yang dapat kita baca setiap saat. Firman itu begitu indah apabila kita dapat melakukannya di dalam hidup kita.

Di dalam Ibrani 4:12 dikatakan “sebab Firman Allah yang hidup dan kuat dan lebih tajam daripada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.” Dengan ayat ini kita tahu bahwa Firman Tuhan adalah vitamin rohani yang harus kita makan setiap hari agar lubuk jantung kita subur seperti tanah yang telah digarap sehingga Firman itu dapat tumbuh subur.


Matius 4:4 mengatakan , ”Yesus menjawab ada tertulis: manusia hidup bukan dari roti saja tetapi dari setiap Firman yang keluar dari mulut Allah.” Firman Tuhan adalah perkataan Allah yang keluar dari mulut-Nya. Pada mulanya dunia ini masih kosong dan Allah menciptakan alam semesta dan segala isinya hanya dengan berfirman maka semuanya terjadi.


Firman Tuhan sangat berkuasa dan ajaib. Firman Tuhan dapat memberikan kita penghiburan, pengharapan, dan tekat/semangat/dorongan. Kita akan melihat ketiga point ini secara lebih jelas. 1. Firman Tuhan dapat memberikan kita penghiburan (ayat 49-50)

Dikatakan di ayat 50, ”ingatlah Firman yang kaukatakan kepada hambamu oleh karena engkau membuat aku berharap. Inilah penghiburanku dalam sengsaraku bahwa janji-Mu menghidupkan aku.” Firman Tuhan berkuasa dan dapat mendatangkan penghiburan kepada setiap orang percaya karena Firman Tuhan itu hidup. Ketika kita mengalami pergumulan hidup, kesusahan dan orang yang ada di sekitar kita tidak dapat membantu kita sebaiknya kita datang kepada Tuhan dan membaca Firman-Nya. Ketika orang lain tidak dapat menghibur kita, Tuhanlah yang dapat menghibur kita melalui Frman-Nya yang indah dan benar. Jika kita mempelajari Firman Tuhan setiap hari maka kita akan dihibur dan dikuatkan. Sama seperti pemazmur yang diasingkan, dicemooh, dihina di kotanya sendiri, dia merasa sedih tetapi dia selalu ingat bahwa Tuhan yang akan memberi penghiburan kepadanya dan dia tetap setia kepada Allah. Seperti yang tertulis di Kitab Wahyu 1:3, ”Berbahagialah ia yang membacanya dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya sebab waktunya sudah dekat.”


2. Firman Tuhan dapat memberikan kita pengharapan (ayat 51-53)

Ayat 52-53, ”Orang-orang yang kurang ajar sangat mencemooh aku,tetapi aku tidak menyimpang dari Taurat-Mu. Aku ingat kepada hukum-hukm-Mu yang dari dahulu kala, ya Tuhan maka terhiburlah aku. Aku menjadi gusar terhadap orang-orang fasik yang meninggalkan Taurat-Mu.” Firman Tuhan bukan hanya memberikan penghiburan kepada pemazmur tetapi juga pengharapan. Ketika pemazmur dicemooh dan diolok-olok oleh orang yang lebih pandai dari padanya dia tidak merasa sedih karena Firman Tuhan sebagai pengharapannya. Dia meminta tolong kepada Tuhan. Ia tidak seperti orang fasik yang menjauh meninggalkan Tuhan ketika mereka dicemooh. Ayat 49, ”ingatlah Firman yang kaukatakan kepada hambamu oleh karena engkau telah membuat aku beharap.” Hamba di sini adalah pemazmur yang selalu ingat Firman Tuhan dan janji Tuhan. Ketika dicemooh dan dihina, kita sebagai orang percaya harus ingat bahwa Allah adalah sandaran hidup kita. Firman-Nya dapat menguatkan kita. Allah adalah sumber pengharapan kita ketika kita menghadapi masalah dan kesusahan.


3. Firman Tuhan dapat memberikan kita tekat/semangat/dorongan (ayat 54-56)

Ayat 54-56, ”Ketetapan-ketetapan-Mu adalah nyanyian mazmur bagiku di rumah yang kudiami sebagai orang asing. Pada waktu malam aku ingat kepada nama-Mu, ya Tuhan; aku hendak berpegang pada Taurat-Mu. Inilah yang aku peroleh, bahwa aku memegang titah-titah-Mu.” Ketika pemazmur mengalami suatu masalah dimana dia diasingkan di negerinya sendiri, dia bertekat untuk terus berserah kepada Tuhan. Dia yakin Tuhan pasti membuka jalan baginya sehingga dia dikuatkan dan memperoleh dorongan semangat dengan Firman yang ia dengar. Kita harus seperti pemazmur yang bertekat akan terus belajar Firman Tuhan setiap hari, bersemangat membaca Alkitab setiap hari dan mengisi Firman itu dalam hidup kita karena Firman Tuhan adalah vitamin rohani agar hidup kita dipenuhi dengan kebenaran-kebenaran Allah. Kita harus memiliki: a) tekat untuk membaca dan merenungkan Alkitab setiap hari; b) tekat untuk semakin dekat dengan Tuhan; c) tekat untuk melayani Tuhan.


 

Diringkas oleh Dora, diedit oleh Pipit MJ

Last Updated on Friday, 07 February 2014 09:50
 
Share